Angklung’s Day di Gedung Sate Bandung

Peringatan Angklung’s Day ke-9 dirayakan di halaman Gedung Sate, Kota Bandung. Pada, Minggu (18/11/2018), perayaan tersebut berhasil memecahkan rekor.

Acara tersebut melibatkan pemain angklung terbanyak sekitar 172 grup kesenian dari seluruh penjuru Indonesia. Terdapat 5.000-an peserta, termasuk peminat angklung dari luar negeri.

Sertifikat penghargaan rekor diberikan oleh RHR (Record Holders Republic).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebutkan jika hal ini bukan sekadar pemecahan rekor.. Namun wujud komitmen sejak angkung dinyatakan sebagai warisan dunia tak benda. “Pemecahan rekor dunia oleh institusi rekor RSR, bagi kita bukan soal pecah rekor atau tidak, tetapi kita sudah bertekad bahwa angklung ini harus mendunia, karena sejak 2010 sudah dinyatakan sebagai warisan dunia tak benda,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, Pemprov Jabar memberikan hibah angklung kepada seluruh Kedutaan Besar RI di seluruh dunia.

Gubernur Emil pun berupaya berkomunikasi dengan Menlu Retno Marsudi, Wapres Jusuf Kalla, dan Presiden Jokowi, untuk mewajibkan setiap Kedutaan Besar RI di seluruh dunia guna memiliki instrumen angklung.

Emil menambahkan, pusat-pusat kebudayaan yang akan dibangun di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat dan akan menjadi sarana memperkenalkan angklung sebagai warisan budaya dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: