Alat Deteksi Kualitas Air Citarum

Upaya untuk Sungai Citarum terus menyedot perhatian setiap pihak, salah satunya dari kalangan akademisi. Tak sekedar dari akademisi dalam negeri melalui program kuliah kerja nyata (KKN) tematik, upaya rehabilitasi Sungai Citarum pun datang dari kolaborasi antara mahasiswa Telkom University dengan mahasiswa dari salah satu universitas asal Korea Selatan.

Ketua kolaborasi mahasiswa Telkom University Prasetya Dwiwibawa menyebutkan, dari hasil kokaborasi dua universitas tersebut menghasilkan alat pendeteksi kualitas air di Sungai Citarum yang dinamakan water quality control. Setelah perakitan selesai, alat ini diujicobakan di aliran Sungai Citarum, tepatnya di Sektor 6 Citarum di wilayah Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung, Senin, 8 Juli 2019.

“Cara kerja alat ini nanti diturunkan menggunakan drone di titik tertentu yang akan diambil sample airnya. Data-data yang dihasilkan dari pengambilan sample air ini bisa langsung dikirim melalui perangkat khusus. Dalam alat ini ada sensor suhu air, kandungan logam, pH, kekeruhan, dan lainnya. Ini memang baru uji coba (alat). Kita memang sedang melakukan kolaborasi riset di Citarum,” ujar Prasetya.

Dia juga menyampaikan, jika alat hasil kolaborasi bersama universitas di Korea Selatan itu memang baru berupa prototipe. Umumnya, lanjut Prasetya, saat mengukur kualitas air biasanya dilakukan di laboratorium yang memerlukan waktu cukup lama. Dengan adanya alat tersebut, diharapkan hasil uji sample kualitas air pun dapat segera terpetakan.

Prasetya mengungkapkan, alat pendeteksi ini berbentuk bulat seukuran bola yang sudah dilengkapi dengan alat pengambil sample air yang terhubung ke sensor-sensor yang sudah ditanam di alat tersebut. Angka-angka yang dihasilkan sensor itu kemudian dikirim melalui perangkat lainnya yang sudah disiapkan. Supaya tidak tenggelam dan terbawa arus air, alat ini sudah dilengkapi dengan pelampung dan motor penggerak yang dapat mempertahankan posisi alat pendeteksi ini. Alat ini bisa digerakkan dari jarak jauh saat mengambil uji sample air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: