Alasan Sering Mengantuk Saat Berpuasa

Selama sedang berpuasa kita pasti mengalami perubahan pola makan dan juga tidur. Tak jarang jika hal ini menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Apalagi tubuh kita kurang mampu beradaptasi dengan baik.

Puasa memang mempengaruhi jam biologis tubuh manusia. Seseorang yang sedang berpuasa memang banyak sering mengantuk. Apa yang membuat orang mengantuk saat puasa?

Karena perubahan ritme sirkadian alias jam biologis. Ritme sirkadian merupakan jadwal kerja berbagai organ tubuh selama 24 jam. Jadwal tersebut diatur oleh hipotalamus yang berada di dalam otak manusia.

Dilansir laman Live Strong, pada 18 Mei 2019, pola makan dan istirahat tubuh berubah drastis selama bulan puasa. Pola makan dari yang awalnya tiga kali menjadi dua kali sehari disertai dengan berbagai aktivitas di malam hari bisa mengubah metabolisme tubuh.

Terutama saat sedang berpuasa, suhu tubuh menurun seiring dengan berkurangnya pengeluaran hormon kortisol dan melatonin. Melatonin ialah hormon utama yang mengatur siklus tidur. Sedangkan hormon kortisol membantu otak tetap fokus di siang hari.

Banyak orang sering menunda jam tidur agar punya banyak waktu untuk makan, minum, bercengkrama, atau melakukan berbagai aktivitas lain di malam hari. Kebiasaan mengemil di malam hari yang meningkat serta menurunnya aktivitas fisik seperti olahraga di pagi hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: