Ada Layanan Warteg Gratis Selama Masa Karantina

Berbagai kegiatan sosial yang dilakukan selama masa karantina. Salah satunya gerakan warteg gratis yang digagas oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk warga yang membutuhkan.

Warteg gratis ditujukan untuk para pekerja yang penghasilannya tidak menentu. Beberapa pekerja yang masuk kategori penerima makanan gratis antara lain driver ojek online, kurir, pedagang keliling dan para pekerja lain yang mengharuskan untuk tetap beraktivitas di luar rumah.

Melalui instagram resminya @actforhumanity, kegiatan soal warung gratis ini dijelaskan secara gamblang. “Penghasilan mereka tidak berdasarkan gaji bulanan, maka bila mereka tidak keluar artinya tidak ada penghasilan, tidak ada nafkah untuk keluarga,” tulis admin instagram.

Pelayanan warteg gratis ini dilakukan sebagai upaya menolong para pengusaha warteg agar makanannya bisa dibeli. Setelah keluar peraturan pemerintah soal berdiam diri di rumah, banyak pengusaha warteg yang mengeluh sepinya pembeli.

Ada beberapa warteg yang akan dipilih oleh ACT untuk menyediakan makanan gratis. Pemilik warteg tak perlu khawatir karena semua makanan yang dimakan oleh para pekerja harian ini akan dibayar oleh pihak ACT.

Tak hanya gerakan warteg gratis, aksi tersebut diikuti kegiatan membagikan aneka bahan pangan seperti beras dan air mineral untuk warga pra sejahtera. Demikian untuk tenaga medis yang tak luput dari perhatian. 

Para dokter, perawat dan tenaga medis lainnya juga mendapat pasokan makanan siap santap yang dikirim ke rumah sakit rujukan pemerintah untuk kasus Covid-19 ini. 

Uang yang dibelanjakan untuk membeli berbagai kebutuhan pokok ini didapatkan dari hasil donasi masyarakat Indonesia. Semakin banyak donasi yang terkumpul, semakin banyak juga bantuan yang bisa disalurkan.

Aksi tersebut akan terus berlangsung sepanjang masa karantina diri yang diserukan pemerintah. Ratusan orang yang dibantu pun menanggapi aksi positif yang dilakukan bagi para pekerja harian ini.

ACT termasuk organisasi yang cepat mencarikan solusi bagi masyarakat. Tak hanya bantuan makanan saja, ACT turut melakukan penyemprotan cairan desinfektan ke banyak tempat umum termasuk masjid dan tempat ibadah lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: