Aceh Barat Diguncang Gempa 5,3 SR

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa telah terjadi gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, pada Kamis 18 Oktober 2018. Gempa tersebut terjadi pukul 11.29.04 WIB dan tidak berpotensi tsunami.

Guncangan gempa dengan episentrum atau pusat di laut itu, berlokasi pada koordinat 4.72 Lintang Utara 96.21 Bujur Timur, 30 KM Timur Laut Kabupaten Aceh Barat dengan Kedalaman 10 KM.

“Saya tidak merasakan, tahu – tahu ada informasi gempa, beda dengan gempa Senin15 Oktober 2018 malam, itu cukup terasa,” ucap Edi Syah Putra salah seorang warga Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, seperti ditulis Kantor Berita Antara.

Masyarakat terlihat masih beraktifitas dengan normal dan tidak ada kepanikan. Warga yang bersantai di warung kopi serta pertokoan jalan nasional terpantau seakan tak merasakan apapun dampak dari gempa kedua dalam sepekan ini.

Sekitar 10 menit berselang listrik wilayah kota Meulaboh padam membuat warga bertanya-tanya. Tetapi, sejauh ini tak ada kepanikan ataupun banggunan yang mengalami kerusakan akibat gempa tersebut.

“Ini gempanya dalam, jadi energi yang di lepas tidak begitu besar. Saya sendiri saja tidak terasa,” ujar prakirawan BMKG Stasiun Meulaboh, di Nagan Raya, Angga Yudha.

Pada Senin malam sebelumnya, Meulaboh sempat digoyang gempa berkuatan 5,4 SR pada pukul 23.26 WIB. Gempa menjelang dini hari mambuat empat warga berhamburan keluar rumah meskipun getarannya hanya sekali.

Saat itu, BMKG menyatakan jika gempa yang terjadi di wilayah perairan Kabupaten Aceh Barat juga tidak memicu terjadinya gelombang tsunami. Gempa bumi pada awal pekan di Aceh terjadi di laut yang berjarak 74 Km, arah Barat Daya di Aceh Barat dengan kedalaman 25 KM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: