ZUK Z1 Review dan Spesifikasinya

ZUK produsen smartphone asal Cina akhirnya meluncurkan punggawa terbarunya yang diberi nama Z1. Ponsel pintar tersebut baru saja meluncur di pasar Indonesia pada senin kemarin, selain itu Indonesia juga merupakan negara di Asia Tenggara yang pertama dapat mencicipi ponsel tersebut. Mengapa hal  tersebut dilakukan oleh Chief Markerting ZUK yaitu Jin Cen, hal ini karena Indonesia sendiri memiliki peran yang cukup penting di pasar dan strategi globalisasi ponsel pintar yang cukup tinggi.

Jika dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan oleh ZUK Z1 ini tergolong cukup tinggi tetapi memiliki harga yang terjangkau. Ponsel pintar ini dibekali dengan bentang layar seluas 5.5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel dan memiliki kerapatan layar hingga 401 ppi. Dengan ukuran layar tersebut, tentunya ponsel pintar ini akan cukup besar tetapi memiliki kualitas tampilan layar yang cukup bagus karena kerapatan yang pas. Dari segi bodi, ponsel ini memiliki dimensi 6.13 x 3.04 x 0.35 inci dan dilengkapi dengan frame yang terbuat dari alumunium.

ZUK Z1
ZUK Z1

ZUK Z1 telah dipersenjatai dengan chipset dari Qualcomm yaitu Snapdragon 801 dengan CPU Quad-Core 2.5 GHz Krait 400 dan didukung dengan pengolah gambar Adreno 330. Dengan mengusung spesisfikasi tersebut, tentunya ponsel pintar ini akan sangat bertenaga dan tentunya sangat cocok bagi orang yang tidak menyukai proses yang lambat. Untuk sistem operasi yang digunakan datang dari Cyanogen versi 12.1 tetapi dibuat berdasarkan Android L 5.1.

Untuk segi penyimpanan, ZUK Z1 dibekali dengan penyimpanan internal sebesar 64 GB, tetapi sayangnya ponsel ini tidak dibekali dengan slot microSD. Walaupun begitu, dengan ukuran penyimpanan sebesar itu sudah sangat cukup bagi sebagian besar orang. Untuk mendongkrak kecepatan proses, ponsel ini juga dibekali RAM sebesar 3GB.

20150817171723_46720

Dari segi konektivitas dan jaringan, ZUK Z1 telah mendukung jaringan  4G/LTE cat 4 yang mampu menembus kecepatan download hingga 150 Mbps dan tentunya juga mendukung 2G dan 3G. Seperti kebanyakan ponsel pintar lainnya, tentunya ia juga didukung dengan konektivitas Bluetooth versi 4.1, WiFi dan GPS. Dan yang menarik datang dari port usb yang menggunakan tipe C.

Dari segi kamera, ZUK Z1 dibekali dengan kekuatan 13 MP pada bagian utama yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 4160 x 3120 piksel  dan  memiliki  2 LED flash yang sangat berguna untuk pencahayaan. Sedangkan kamera bagian depan memiliki kekuatan 8 MP yang dapat menghasilkan jepretan yang cukup bagus. Oleh karena itu ponsel pintar ini sangat cocok bagi penggemar selfie. Untuk mendukung aktivitasnya, ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas  4.100 mAh yang berjenis Lithium Polymer dan tidak dapat dilepas alias non-removable. Selain itu, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan fingerprint sensor yang sedang hangat dibicarakan sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *