Women’s March 2019 Digelar 27 April 2019 di 25 Kota di Indonesia

Women’s March merupakan aksi kolektif berbagai organisasi dengan berbagai latar belakang untuk menyuarakan hak-hak perempuan dan kelompok marjinal serta minoritas akan digelar pada Sabtu 27 April 2019.

“Women’s March Jakarta 2019 akan diselenggarakan akhir April, menghindari politisasi menjelang Pemilu 17 April,” ujar Ketua Women’s March Jakarta 2019 Fahmia Badib di Jakarta, Rabu 6 Maret 2019 seperti dilaporkan Antara.

Fahmia Badib menyebutkan, penyelenggaraan tersebut setelah Pemilu dilakukan dengan alasan keamanan dan kenyamanan para peserta.

Tak hanya itu, penyelenggaraan pada akhir April untuk merayakan Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April. Menurut Fahmia Badib, Hari Kartini bukan hanya sekadar merayakan baju tradisional dan keahlian memasak.

“Kami ingin merebut kembali makna asli Hari Kartini. Kami ingin merayakan Kartini sebagai salah satu tokoh perempuan terpenting dalam sejarah Indonesia dan mengingat kontribusi beliau kepada perjuangan hak perempuan,” ungkapnya.

Lebih dari 50 lembaga swadaya masyarakat dan komunitas terlibat dalam menyusun tuntutan yang akan disuarakan serta membantu penyelenggaraan Women’s March Jakarta 2019.

Lembaga swadaya dan komunitas ini yaitu Amnesty International Indonesia, Arus Pelangi, Institut Perempuan, Jaringan Nasional Advokasi Pekerja Rumah Tangga, Koalisi Perempuan Indonesia, Keluarga Besar Buruh Migran, Kapal Perempuan, LBH APIK, Perempuan AMAN, dan Trade Rights Union Centre.

“Daftar tuntutan akan segera diluncurkan April mendatang. Tuntutan akan merangkum beberapa permasalahan. Lebih dari itu, Women’s March Jakarta berupaya menjadi ruang yang aman bagi semua orang dengan beragam identitas,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: