Wisata Taman Hutan Raya Juanda (Tahura) di Bandung

Suarabandung.com – Taman Hutan Raya Juanda bisa jadi salah satu tujuan wisata anda jika ingin berlibur ke Bandung, terutama bagi anda penyuka wisata alam di Bandung. Taman Hutan Raya Juanda dikenal dengan nama Tahura Juanda, atau cukup dengan singkatan THR Juanda.

Letak hutan konservasi ini dekat sekali dengan pusat kota Bandung. Anda cukup naik ke arah dago pakar, dan akan langsung menemukan gerbangnya.

Tahura Juanda merupakan salah satu hutan raya yang menjadi kawasan konservasi alam. Hutan konservasi ini berada dekat sekali dengan pusat kota Bandung. Bisa dikatakan menjadi salah satu paru-paru kota Bandung loh.

Berikut beberapa objek wisata dalam area Tahura Juanda Bandung.

  1. Goa Jepang

Hasil gambar untuk gambar goa jepang di tahura

photo : wordpress.com

Goa ini merupakan peninggalan masa penjajahan Jepang di Indonesia. Goa ini diperkirakan dibangun oleh para pekerja paksa/romusha. Goa jepang memiliki 4 pintu dan 2 saluran udara. Goa ini dibangun pada tahun 1942.

Untuk menuju goa jepang, anda perlu berjalan kurang lebih 600 m dari gerbang masuk.

  1. Goa Belanda

Gambar terkait

photo : blogspot.com

Dibangun tahun 1918, goa Belanda ini dipergunakan sebagai markas militer, penjara, gudang penyimpanan senjata, pusat komunikasi, dan juga PLTA.

Goa Belanda memiliki fasilitas yang cukup bagus dan lengkap, sepintas lebih modern dibanding dengan goa jepang.

  1. Curug Omas

Hasil gambar untuk gambar curug omas di tahura bandung

photo : erzonia

Curug omas seringkali disebut sebagai curug maribaya, karena memang berada di daerah Maribaya Lembang. Tapi bisa juga dari gerbang dago pakar, hanya saja jaraknya lumayan jauh jika berjalan kaki dari sini, kurang lebih 5-6 KM.

Anda bisa saja menggunakan jasa ojek disini, tapi ongkosnya lumayan mahal bisa sampai dgn 70 rb per orang.

  1. Tebing Keraton

Hasil gambar untuk gambar tebing keraton di tahura bandung

photo : outing nusantara

Tempat ini tentunya sudah tidak asing lagi. Tempat dan suasananya yang memang “instagramable” jadi banyak tujuan pengunjung. Sebetulnya, area ini pun masuk kedalam area Taman hutan raya Juanda. Hanya tiket masuknya berbeda.

Untuk menuju lokasi tebing keraton, anda cukup belok kanan di pertigaan setelah gerbang tahura Dago

  1. Hiking Ringan

Gambar terkait

photo : ani berta

Untuk anda pecinta hiking, ataupun sekedar berolahraga di udara segar, tempat ini bisa jadi salah satu tujuan yang bagus. Jalur untuk pejalan kaki disini sudah cukup bagus. Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata dan sekaligus berolahraga didalam hutan yang cukup tertata rapi ini.

Anda bisa beristirahat di salah satu cafe kopi yang sedang naik daun di bandung yakni Armor kopi bandung.

Tempatnya berada di area hutan pinus dekat dengan gerbang masuk tahura juanda di Dago pakar. Suasananya sangat unik, didalam area pinus, dan segar. Tentu akan semakin nikmat saat anda beristirahat atau sekedar ngopi saja.

 

Lokasi Taman Hutan Raya Juanda

Lokasi/ alamat taman hutan raya juanda bandung berada di kampung pakar, desa ciburial, kecamatan cimenyan Bandung. Daerah ini berada di ketinggian 770 – 1330 dpl. Luas area taman ini sekitar 590 ha, dan membentang dari kawasan dago pakar sampai dengan Maribaya Lembang.

Karena luasnya inilah terdapat beberapa pintu gerbang masuk ke THR Juanda. Namun, yang paling mudah di akses adalah gerbang dari dago pakar. Gerbang-gerbang utama menuju lokasi sudah gampang diakses.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *