Waspadai Asam Lambung Tinggi Hingga ke Paru-Paru

Banyak orang yang bahkan mengabaikan penyakit asam lambung karena berpikir jika hal ini akan mereda dengan sendirinya. Namun jika dibiarkan, kemungkinan asam lambung ini mencapai paru-paru. Mengapa?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP dan rekan-rekannya, disebutkan bahwa prevalensi munculnya Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) di kalangan dokter tanah air mencapai 27,4 persen. Yang menjadi masalah adalah, kenaikan asam lambung ini memicu luka pada bagian kerongkongan. Tak hanya itu, GERD ini dapat memicu perubahan struktur kerongkongan yang bisa saja berimbas pada munculnya lesi pra-kanker.

GERD terjadi karena asam lambung atau cairan empedu memicu iritasi pada lapisan saluran pencernaan. Namun, pergerakan asam lambung bisa saja berlanjut hingga ke tenggorokan, pita suara, gigi, hingga ke saluran pernapasan atau paru-paru. Tanpa disadari penyakit ini masuk dalam 10 besar pemicu kematian di Indonesia.

Jika dibiarkan begitu saja, hal tersebut akan berimbas pada munculnya kanker gastrointestinal yang cukup dikenal sangat mematikan. Gejala kanker ini cenderung tak begitu terasa hingga kondisinya sudah berubah menjadi cukup parah.

Apabila pasien terlambat datang ke dokter karena kanker sudah berada dalam kondisi stadium 3 atau 4, risiko mengalami kematian akibat penyakit ini pun meningkat.

Sebaiknya jangan sepelekan kondisi asam lambung tinggi. Jika sering mengalaminya, datanglah ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya dan mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: