Tips Untuk Mengatasi Masalah Bau Mulut Saat Berpuasa

Suarabandung.com – Berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus. Namun juga kebanyakan orang mengalami bau pada mulut. Meskipun kita sudah berusaha membersihkan dengan cara menyikat gigi dan berkumur. Namun kondisi mulut yang tidak mengkonsumsi makanan dan minuman pada akhirnya dapat memicu masalah bau mulut.

Tentu saja masalah ini dapat menyebabkan kehilangan kepercayaan diri anda. Berikut tips untuk mengatasi masalah bau mulut saat berpuasa.

Salah satu pakar kesehatan yang berasal dari Lowenberg Lituchy & Kantor bernama dr. Brian Kantor mengungkapkan bahwa air liur atau saliva pada mulut kita ternyata mengandung kadar oksigen yang sangat tinggi. Fungsi dari kadar oksigen ini sendiri adalah untuk membunuh bakteri.

Air liur juga memiliki kemampuan memecah partikel makanan dan menyingkirkan berbagai sistem kotoran pada mulut. Jika tidak ada makanan atau minuman yang masuk saat berpuasa maka produksi air liur tidak akan sebanyak biasanya. Hal ini dapat memicu perkembangan bakteri yang pada akhirnya memicu masalah bau mulut.

Salah satu cara efektif untuk mencegah bau mulut adalah dengan menggosok lidah setelah menyikat gigi. Menurut Dr.Kantor, tak haya gigi, lidah ternyata memiliki permukaan yang bisa menjadi tempat sisa – sisa partikel makanan yang bersarang. Jika menyikat gigi pada area gigi saja, sebenarnya lidah memiliki sisa partikel makanan yang bisa menjadi tempat bakteri bersarang.

Dengan menggosok lidah setelah menyikat gigi, maka dapat mengurangi masalah bau mulut terutama saat sedang berpuasa. Jika sudah waktunya berbuka puasa ada baiknya kita mengkonsumsi banyak buah dan sayur.

 

 

Trims_ yL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *