Tips Penting Dalam Mengolah Ikan Salmon Bagi Ibu Hamil

Ikan salmon adalah makanan yang mengandung kandungan omega 3 yang baik dan merupakan sumber DHA yang penting bagi ibu hamil. Ikan salmon pun merupakan sumber vitamin dan protein serta mengatur keseimbangan tekanan darah akan tetapi kandungan berat logam merkuri dan poliklorinated (PCB) membuat para ibu hamil enggan mengkonsumsinya dikarenakan ini dapat menghambat perkembangan otak janin dan cacat pada janin serta dapat memicu adanya kanker.

Melihat manfaat dan resiko mengonsumsi ikan salmon ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan agar anda dapat memilih untuk mengonsumsinya atau tidak.

Yang pertama harus dilakukan adalah memastikan sumber ikan salmon yang ditangkap apakah di perairan yang tercemar atau tidak. Apabila anda membeli ikan salmon dengan utuh maka olah lah dengan membuang sisik dan bagian kepala nya dikarenakan bagian tersebut memiliki kandungan toksis yang tinggi. Dan yang paling penting adalah cara mengolahnya, Ikan salmon yang akan dimasak harus benar benar matang untuk menghilangkan kandungan parasit dan bakteri berbahaya.

Dibawah ini salah satu pengolahan ikan salmon

Bahan yang di perlukan diantaranya :

  • Ikan salmon
  • Air jeruk nipis/lemon
  • 2 potong bawang putih halus dan 2 bawang putih cincang
  • Bawang bombai
  • Saus tiram
  • Garam
  • Dan minyak goring

Cara Membuat

Lumuri ikan salmon dengan air jeruk nipis / lemon kemudian lumuri dengan garam dan bawang putih halus. Tumis bawang bombai dan bawang putih cincang dengan sedikit garam. Setelah layu dan harum tambahkan saus tiram dan masukan ikan salmon hingga masak. Ikan salmon saus tiram siap dihidangkan.

Demikian tips memilih dan mengolah ikan salmon ada baiknya untuk ibu hamil lebih selektif dalam memilih dan mengonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *