Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Menggunakan Ponsel

Suarabandung.com – Pakar kesehatan menyebutkan penggunaan ponsel yang berlebihan berbahaya bagi kesehatan, khususnya kesehatan mata. Jika anda tidak ingin sampai mengalami gangguan penglihatan hanya gara-gara terlalu sering memakai ponsel, ada baiknya anda menerapkan tips sehat berikut ini.

Mengatur waktu istirahat
Pakar kesehatan menyarankan untuk menggunakan metode 20-20-20 saat menggunakan ponsel, mengistirahatkan mata dari layar ponsel atau gadget selama 20 detik setelah memakainya selama 20 menit. Kita bisa mengalihkan pandangan dari layar ponsel dan menatap benda yang berjarak 20 kaki atau lebih dari 6 meter dari posisi kita.

Mengatur pencahayaan layar ponsel
Aturlah pencahayaan yang baik pada layar ponsel, sebaiknya jangan mengatur tingkat kecerahan layar dengan berlebihan. Karena dapat memicu tekanan berlebihan pada mata saat menatap ponsel.

Usahakan posisi layar ponsel tidak memantulkan cahaya dan kita tetap bisa melihatnya meskipun tingkat kecerahannya rendah. Selain itu, pastikan untuk tidak menggunakan ponsel di ruangan yang gelap.

Menyesuaikan sudut layar
Atur posisi layar sejauh 4-6 inchi dari mata kita agar paparan layar ponsel ini tidak terlalu menyilaukan bagi mata.

Memperbesar ukuran teks
Perbesar ukuran teks layar pada ponsel. Dengan melakukannya akan mempermudah kita untuk membaca berbagai pesan dan membuat beban mata dalam membaca tulisan pada layar ponsel pun berkurang. Tentu hal ini dapat mencegah masalah penurunan penglihatan.

Hanya saja perlu anda ingat, akan jauh lebih baik jika kita tidak menggunakan ponsel secara berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *