Tips Berkendara Di Musim Hujan

Ketika musim hujan tiba tentunya di daerah tertentu akan terjadi banjir. Oleh karena itu, anda harus mengetahui dari daerah mana yang sering tergenang air. Hal ini cukuplah penting agar anda dapat menentukan rute-rute yang nyaman dilalui guna menuju ke tempa tujuan. Tidak hanya hal itu saja yang harus anda lakukan, anda pun harus sudah menyiapkan terlebih dahulu nomor telepon darurat seperti jasa derek ataupun kontak agen asuransi yang anda miliki. Akan tetapi alangkah baiknya jika anda membaca tips menghadapi banjir saat berkendara yang ada di bawah ini.

  1. Sebelum melakukan perjalanan lakukan pemeriksaan terhadap kondisi kendaraan anda.

Pastikan bahan bakar kendaraan anda mencukupi, kondisi ban masih layak jalan, lampu dan semua indikator yang ada di mobil anda bekerja dengan baik, sistem pembersih kaca juga bekerja dengan baik, rem, dan berikan grease pada konektor busi serta sistem pengapian agar dapat terlindung dari air.

  1. Ketika melalui daerah yang banjir.

Ketika anda melalui daerah tersebut pastikan ketinggian air tidak melebihi knalpot dan saringan udara kendaraan anda. Hal tersebut dapat anda ketahui ketika ada kendaraan yang terlebih dahulu melintas. Ketika ketinggian air melebihi knalpot dan saringan udara maka hindarilah jalan tersebut. Jika kendaraan anda manual maka jalankan kendaraan anda dengan RPM yang tinggi dengan posisi gigi rendah yaitu 1 ataupun 2 dengan gas yang stabil. Jika kendaraan tiba-tiba mati maka periksalah knalpot ataupun saringan udara kendaraan anda, tetapi tidak hanya itu periksalah busi karena bisa jadi kemasukan air terutama pada kendaraan-kendaraan lama. Ketika sudah mati jangan paksakan untuk menghidupkan mesin lagi dan segeralah menghubungi derek ataupun asuransi anda untuk menaruh kendaraan ke bengkel terdekat ataupun  bengkel langganan anda.

  1. Ketika kendaraan di parkir

Biasanya, banjir juga terjadi di tempat parkir. Jika anda terpaksa memakirkan di area tersebut maka lepaskan sambungan kaki atau baterai mobil anda, kemudian tutup knalpot dan saluran udara, tutup pintu dengan cukup rapat, dan pastikan kendaraan tidak bergeser ketika ada gelombang air.

  1. Lakukan pemeriksaan terhadap kondisi kendaraan anda.

Pemeriksaan ini sangat penting karena banyak sekali kendaraan yang lupa di cek kondisinya sesaat setelah melewati banjir, yaitu beberapa komponen dari kendaraan tersebut ada yang rusak ataupun kurang memenuhi standar. Hal-hal yang perlu anda periksakan yakni oli mesin dan transmisi karena bisa saja tercampur dengan air. Yang kedua adalah buka knalpot dan saringan udara karena pasti akan basah, minta teknisi untuk membersihkan nya. Cek busi apakah ada air di situ, periksa semua kelistrikan.

( baca juga : Menjaga kondisi anak saat musim penghujan )

Itulah tips menghadapi banjir saat berkendara semoga artikel ini bermanfaat guna keselamatan anda di jalan kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *