Tips Gigi Tetap Putih Meski Gemar Meminum Kopi

Suarabandung.com – Kopi membuat gigi menjadi lebih kuning jika kerap dikonsumsi. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga warna gigi tetap putih meskipun suka meminum kopi.

Banyak minum air putih

Banyaklah minum air putih karena bisa mengendalikan asam perut dan mencegah gigi mengalami noda kuning yang disebabkan oleh kopi. Kopi pun termasuk dalam minuman diuretik atau penguras cairan di dalam tubuh, maka banyak minum kopi akan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Mengunyah permen karet

American Dental Association Seal menyebutkan bahwa mengunyah permeh karet rendah gula sekitar 5 menit setelah minum kopi akan memperbanyak produksi ai liur yang dapat menetralkan asam dan mencegah timbulnya plak dan noda dalam gigi.

Tidak langsung menyikat gigi setelah minum kopi

Selain kopi, tentu rokok bisa membuat gigi menjadi kekuningan. Demi mencegah gigi berubah warna, pakar kesehatan menyarankan setiap orang menunggu setidaknya satu jam setelah minum kopi untuk menyikat gigi demi menetralisir asam pada gigi.

Memakai sedotan saat minum kopi

Meminum kopi panas dengan sedotan mungkin akan mengurangi kenikmatannya. Namun, hal ini ternyata cukup efektif menurunkan resiko perubahan warna gigi akibat kandungan yang ada di dalam kopi.

Memakai floss atau benang gigi

Benang gigi kerap kali dipakai untuk membersihkan sela-sela gigi dari berbagai sisa makanan yang sulit untuk dijangkau oleh sikat gigi. Ternyata penggunaan benang gigi dapat membantu membersihkan plak atau noda yang ada diantara gigi dan tentu akan menurunkan resiko perubahan warna akibat dari kebiasaan meminum kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: