Tips Diet Dengan Mengkonsumsi Granola

Suarabandung.com – Granola merupakan makanan olahan yang terdiri dari campuran oat, biji-bijian (seperti biji wijen), kacang-kacangan (seperti kacang almond dan kacang mede), buah kering (seperti kismis), madu, dan bahan lainnya. Bahan tersebut dicampur menjadi satu dan jadilah granola dengan rasa yang lezat. Tak jarang, granola dimakan dengan cara dicampur bersama yogurt. Pasti menjadi menu sarapan yang sangat lezat!

Sebenarnya, granola adalah salah satu makanan sehat dan mungkin dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan. Namun, ini semua akan bergantung dari produk seperti apa yang anda pilih serta bagaimana cara anda mengonsumsinya.

Jika anda ingin mengonsumsi granola karena rasanya lezat dan sekaligus tetap ingin menurunkan berat badan, sebaiknya ikuti tips berikut ini :

  • Sebelum anda membeli produk granola, sebaiknya lihat kandungan gizi yang tertera dalam kemasan, seperti yang disarankan oleh Milton Stokes, RD, MPH, dilansir dari WebMD. Baca dan pahami informasi gizi dengan cermat. Pilih produk granola yang mengandung kalori, lemak, dan gula yang lebih sedikit.
  • Jika ingin lebih sehat, Anda bisa membuat granola sendiri di rumah. Caranya gampang: Campurkan oat, kacang-kacangan, dan madu sesuai selera Anda. Lalu panggang sampai berwarna cokelat keemasan. Dengan begitu, Anda lebih bisa mengatur kandungan granola yang Anda mau.
  • Sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi granola. Hindari mengonsumsi granola bar atau kepingan granola sebagai snack. Mungkin ini tidak membuat anda kenyang lebih lama dan hanya menambah kalori ke tubuh anda. Anda bisa mengonsumsi granola sebagai sarapan, bagaimanapun sarapan bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, daripada makan sereal granola bersama susu, lebih baik anda tambahkan sedikit granola ke dalam yogurt sebagai sarapan. Ini dapat menjadi salah satu cara anda memotong kalori dari granola yang anda makan.
  • Terakhir jangan lupa, imbangi dengan konsumsi makanan sehat lainnya, seperti sayuran dan buah-buahan, saat makan siang dan makan malam. Serta, olahraga dengan teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *