Tips Ampuh Mengatasi Kesemutan

Anda pernah mengalami kejadian seperti gambar diatas ? pernahkah tangan Anda maupun kaki Anda terasa seperti tertusuk-tusuk dan juga terasa seperti dikerumuni semut ? Hal tersebut dinamakan dengan kesemutan. Setiap manusia tentu pernah mengalami hal tersebut. Entah setelah duduk bersila dalam waktu yang lama hingga kaki mereka merasa kesemutan, posisi tidur yang miring dan menghimpit salah satu tangan Anda dalam waktu yang lama dan tetap hingga ketika Anda terbangun tangan Anda terasa sakit seperti tertusuk-tusuk. Karena rasa yang tidak nyaman itulah yang membuat orang-orang mencari cara ataupun tips ampuh mengatasi kesemutan.

Penyebab kesemutan sering terjadi pada tubuh, ketika terdapat bagian tubuh yang terhimpit atau tertindih dalam kurun waktu yang lama sehingga mengakibatkan terhimpitnya aliran dari pembuluh darah, lalu membuat terhambatnya aliran darah yang ada pada pembuluh darah tidak sampai pada bagian yang dituju. Penyakit ini sering sekali menimpa bagian tangan dan kaki dan rasanya cukup membuat kita tersiksa. Seperti sewaktu kita duduk bersila dalam wakti yang lama, lalu kaki kita terasa sakit karena kesemutan, dan sewaktu kaki kita masih tertekuk, maka pada bagian ujung yang tidak sampai dialiri pembuluh darah seperti mati rasa, jika kita sentuh atau kita cubit tidak akan terasa sakit. Namun, ketika kita selonjorkan kaki kita, maka darah pun mengalir dengan derasnya menuju bagian yang sudah ditunggu dari tadi. Pada momen ini lah yang membuat kita sangat tersiksa, ketika kaki sudah diluruskan maka akan terasa sangat sakit sekali, seperti ditusuk-tusuk dan dikerumuni oleh ribuan semut yang menggigit. Yang lebih parahnya lagi ketika Anda menyentuh atau menyenggolnya, malah rasa sakit yang berlipat gAnda yang kita rasakan. Sungguh menyiksa sekali penyakit yang satu ini. Oleh sebab itu, berikut ini adaalah beberapa tips ampuh untuk mengatasi kesemutan yang terjadi pada tangan maupun kaki Anda.

Tips Ampuh Mengatasi Kesemutan

  1. Kesemutan di Tangan

Kesemutan pada tangan sering terjadi ketika Anda sedang asyik nonton TV atau nonton film di laptop dan sewaktu itu, posisi Anda tidur sambil menopang kepala Anda dengan tangan Anda. Jika dalam waktu yang lama maka pembuluh darah pada tangan Anda akan terhambat karena terlalu lama tertekuk dan menghambat jalannya aliran darah pada tangan Anda. Berikut cara mengatasinya :

  1. Usahakan tangan Anda berada pada posisi yang nyaman dan jangan sampai terhimpit maupun tertekuk
  2. Ketika Anda mengalamai kesemutan pada tangan kiri Anda, maka tekan dengan kuat jempol kaki kanan Anda, jika yang kesemutan tangan kanan Anda maka lakukan hal yang sebaliknya.

Dengan cara tersebut rasa menyiksa pada tangan Anda seperti rasa tertusuk tusuk ketik Anda gerakan atau ketika Anda sentuh akan hilang nantinya, dan yang tersisa hanya rasa kebas itu pun tidak menyiksa seperti sebelumnya. Untuk menghilangkan rasa kebas Anda cukup mendiamkan tangan Anda dan biarkan aliran darah yang terhambat tadi mampu mengalir dengan normal kembali maka rasa kebas pun lama lama akan hilang sendiri.

  1. Kesemutan di Kaki

Pengalaman ini tentu sering dialami ketika Anda sedang bersila dalam waktu yang lama seperti pada saat khotbah sholat jum’at, mendengarkan pengajian, tahlilan, dan lain lain. Penyebabnya sama dengan tangan yaitu terhimpitnya aliran darah yang menghambat jalannya peredaran darah pada pembuluh darah kaki.

Berikut cara mengatasinya :

  1. Usahakan kaki Anda dalam posisi yang nyaman, jangan sampai tertekuk dan menghimpit peredaran darah
  2. sewaktu Anda sedang mengalamai kesemutan pada tangan kaki Anda, maka tekan dengan kuat jempol tangan kanan Anda, jika yang kesemutan kaki kanan Anda lakukan yang sebaliknya.
  3. Setelah itu rasa sakit yang menusuk nusuk akan segera hilang dan yang tersisa hanya rasa kebas
  4. Diamkan dan luruskan kaki Anda sampai rasa kebas itu pun hilang

Tetapi, untuk kesemutan yang disebabkan karena adanya gangguan pada fungsi syaraf maka Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi berbagai macam vitamin, ada vitamin B1, B6, B12.

Sekian artikel yang bisa saya bagikan kepada Anda, mohon maaf bila ada salah penulisan, dan semoga sedikit referensi ini mampu bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

baca juga : Makanan Penurun Kolesterol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *