Tidur Menjadi Ibadah Saat Berpuasa

Tidur bisa menjadi ladang pahala bagi orang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Namun, ternyata tidak asal tidur yang menjadikannya ibadah. Nah, tidur seperti apa yang berpahala?

Aktivitas mengistirahatkan tubuh dan pikiran dapat menjadi pahala apabila kita melakukannya sesuai dengan amalan yang terbiasa dilakukan oleh Nabi.

Dirangkum dari berbagai sumber, simak amalan-amalan berikut yang dicontohkan Nabi sebelum tidur.

Berwudhu

Kita dianjurkan untuk menyucikan diri dengan berwudhu sebelum tidur. Anjuran untuk membersihkan muka juga sejalan dengan anjuran perawatan rutin yang harus kita lakukan sebelum mengakhiri hari.

Mencuci muka dan dilanjutkan dengan berwudhu akan menghilangkan sisa-sisa makeup ataupun kotoran yang melekat pada wajah, sehingga menghindari timbulnya jerawat. Wajah bersinar, dan akan mendapat pahala.

Membersihkan tempat tidur

Amalan kedua yaitu membersikan tempat tidur menjelang tidur. Nabi menganjurkan kita untuk mengibaskan tempat tidur sebanyak tiga kali sebelum berbaring. Anjuran ini dimaksudkan agar tempat tidur yang kita tempati bersih dari segala macam kotoran dan debu, dan untuk menghindari apabila terdapat binatang yang mengganggu seperti semut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: