Ternyata Ikan Tongkol Bisa Mencegah Stroke

Suarabandung.com – Tahukah kamu? Pemerintah sedang gencar-gencarnya mempromosikan kebiasaan makan ikan lho. Ikan dikenal luas sebagai bahan makanan yang bergizi. Salah satu dari jenis ikan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah ikan tongkol.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ikan tongkol kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang memiliki sifat anti peradangan. Asam lemak ini juga mampu menurunkan tekanan darah pada tubuh.

Selain itu,kita dapat menemukan kandungan lain seperti potassium dan vasodilator yang sangat baik bagi kesehatan kardiovaskular. Berikut berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan dari ikan tongkol.

Menjaga sirkulasi darah
Ikan tongkol baik bagi kesehatan darah dan jantung. Ikan yang satu ini juga mengandung zat besi dan vitamin B yang membantu tubuh membentuk sel darah merah. Hal ini tentu akan mencegah datangnya anemia.

Menurunkan peradangan pada tubuh
Kandungan kolesterol sehat dan sifat anti inflamasi yang didapatkan pada ikan tongkol mampu membuat tubuh terbebas dari stress dan peradangan. Tentu hal ini membuat berbagai organ tubuh berfungsi dengan baik dan terjaga kesehatannya. Pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa konsumsi ikan ini bisa mennurunkan resiko penyakit asam urat dan arthritis.

Menjaga kesehatan jantung
Ikan tongkol mampu menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner dan stroke. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar asam lemak omega-3 yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam pembuluh darah.

Mencegah obesitas
Ikan tongkol adalah makanan yang rendah kalori namun tinggi protein. Mengkonsumsi ikan tongkol ini akan membuat tubuh memproduksi hormon leptin yang bisa mengendalikan keinginan makan agar tidak berlebihan. Hal ini tentu akan membuat kita menjaga berat badan tetap ideal.

Ikan tongkol termasuk dalam ikan yang memiliki rasa yang sangat enak, anda tak perlu ragu lagi untuk rutin mengkonsumsinya demi tubuh yang semakin sehat. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *