Terjadi Kebakaran Hotel di Jalan Dipatiukur Kota Bandung

Bandung – Terjadi kebakaran Hotel Puri Garden di Jalan Dipatiukur Kota Bandung. Api dengan cepat melahap lantai 4 Hotel Puri Garden di Jalan Dipatiukur.

Dugaan sementara kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik. Proses pemadaman berlangsung kurang lebih selama satu jam. Petugas dibuat kewalahan dan susah memadamkan api.

Karena sumber api yang berasal dari lantai 4 bangunan hotel. Perlu kesabaran dan membutuhkan cukup waktu untuk menjinakannya.

“Dugaan sementara hubungan arus pendek listrik. Saat ini petugas sedang melakukan pendinginan,” tutur Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Ferdi Ligaswara di lokasi kejadian.

Ia menuturkan “Pemadaman berlangsung selama 1 jam. Kami kerahkan 10 pancar, 2 rescue, dan 1 unit snorkloe,” untuk membantu memadamkan api ditempat.

Hampir 20 persen bangunan hotel hangus dilahap api. Lantai 4 bangunan hotel yang terbakar terdiri dari ruang rapat, office boy dan 4 kamar tamu ekonomi.

Ferdi mengatakan “Diperkirakan kerugian mencapai Rp.200 jt.”

Pemilik Hotel Puri Garden ini, Satia Gunawan menuturkan sebelum terjadi kebakaran, listrik dihotel sempat padam. Karena pemadaman PLN. Pihak hotel terpaksa mengoperasikan Mesin genset

“Memang sebelum kebakaran itu listrik di hotel padam. Nah kami pakai genset untuk menyalakan listrik,” paparnya.

Tak lama setelah mengoperasikan mesin genset. Api yang bersumber dari lantai 4 itu melahap sebagian bangunan hotel. Namun alat pemadam api ringan (APAR) belum berfungsi secara optimal.

“Memang pemadaman api kami masih manual. Belum punya hydrant cuma (APAR),” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *