Target Jalan Baru Menuju Lembang

Di tahun 2019 nanti, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat targetkan pembukaan akses jalan baru menuju Lembang guna mengurai kemacetan di kawasan tersebut saat akhir pekan ataupun libur panjang.

Tak hanya itu, pembukaan akses jalan ini diperkirakan dapat mendongkrak perekonomian daerah, terutama dari sektor pariwisata.

Pelaksana Tugas Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah KBB Agustina Piryanti mengungkapkan, akses jalan mulai dari Cisomang, Kecamatan Cikalongwetan hingga Cipada, Kecamatan Cisarua. Dari Cisarua, akses ke Lembang ditempuh lewat Jalan Kolonel Masturi sekitar 11 km.

“Akses jalan ini terbagi ke dalam tiga ruas dan anggarannya diperkirakan mencapai Rp 100 miliar. Karena anggarannya besar, kami coba usulkan bantuan ke pemerintah provinsi,” ungkap Agustina, Jumat, 10 Agustus 2018.

Pembukaan jalan sudah termasuk dalam draf Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah KBB untuk lima tahun ke depan. Akses jalan adalah usulan dari Bupati Bandung Barat terpilih, Aa Umbara Sutisna.

Pihaknya nanti akan menyiapkan detail engineering design(DED) untuk pekerjaan konstruksi proyek jalan tersebut. Pemerintah daerah masih belum memprediksi terkait kebutuhan anggaran untuk DED tersebut.

Menurutnya, akses jalan baru menuju Lembang akan terhubung dengan Kota Walini yang akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Bandung Barat. Sebab, kawasan itu dapat menjadi transit oriented development (pengembangan wilayah transit) kereta cepat Jakarta-Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: