Taman Raflesia Ciamis Kini Sudah Dibuka

Setelah ditutup dan ditata ulang, Taman Raflesia Ciamis kini telah dibuka pada Rabu (6/2/2019). Warga pun menyambut gembira. Saat ini taman yang menjadi ikon kawasan Alun-alun Kabupaten Ciamis tersebut sudah bisa kembali diakses.

Sebelumnya Taman Raflesia tersebut ditutup menggunakan pagar baja ringan. Sekarang sudah tak lagi, warga sudah bisa bebas melihat dan masuk ke area taman. Mereka terlihat berfoto di beberapa sudut.

Memiliki konsep dari Taman Raflesia ini lebih untuk tempat bersantai. Hal tersebut didukung dengan banyaknya tempat duduk di beberapa sudut di bawah pohon. Sayang, pohon yang ditanam belum cukup besar, sehingga membuat Taman Raflesia terlihat gersang dan juga panas.

Ada juga jalur jogging bagi warga yang ingin berolahraga. Di tengah taman masih berdiri kokoh air mancur dengan menyerupai bunga raflesia arnoldi. Tetapi, airnya belum ada. Dulu dipercaya sebagai salah satu ikon Ciamis. 

Sebelum ditata atau direnovasi, Taman Raflesia menjadi pusat kegiatan warga Ciamis. Beberapa wahana permainan tersedia seperti delman domba, becak cinta dan permainan anak. Di sekitarnya banyak pedagang kaki lima bagi yang suka jajan.

Pemkab Ciamis merevitalisasi Taman Raflesia di tahun 2018 lalu. Untuk mengubah wajah pusat perkotaan lebih indah dan juga tertata. Anggaran yang dibutuhkan cukup besar sekitar Rp 21 miliar. Ditahap awal, Pemkab Ciamis menggelontorkan anggaran sekitar Rp 2,3 miliar.

“Lumayan bagus, senang bisa kembali dibuka. Terlihat lebih luas dibanding dengan bentuk taman sebelumnya. Tapi tanaman dan pohon yang ada masih kecil jadi panas, kalau dulu pohon-pohonnya sudah besar jadi enak untuk berteduh,” jelas salah seorang warga Ciamis, Ferry Ramdani (24), di Taman Raflesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: