Strategi Polantas Bandung Cegah Macet Saat Libur Panjang

Suarabandung.com – Polisi siapkan strategi guna mengantisipasi kemacetan lalu lintas saat libur panjang akhir pekan ini di Kota Bandung. Sejumlah rekayasa arus lalu lintas pun telah disiapkan.

“Libur dengan waktu yang cukup panjang ini tentu kita antisipasi beberapa kemacetan lalu lintas,” kata Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza via pesan singkat, Kamis malam (30/11/2017) lalu.

Ia mengatakan kemacetan saat akhir pekan di Bandung terbagi dalam enam titik. Yakni kawasan Pasteur, Dago, Jalan Riau, Jalan Pasirkaliki, Jalan Sukajadi dan Gegerkalong.

Kawasan tersebut memang menjadi tujuan wisatawan untuk belanja, menikmati kuliner dan rekreasi. “Enam lokasi itu jadi fokus kami selama libur akhir pekan ini. Lokasi itu yang memang sering terjadi kemacetan,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan, Reza menyebutkan, pihaknya telah menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas. Di kawasan Pasteur misalnya, apabila terjadi kemacetan, kendaraan akan dialihkan ke Jalan Surya Sumantri.

Di kawasan Dago, rencana rekayasa lalu lintas juga diberlakukan. Apabila terjadi kepadatan di kawasan Dago, kendaraan akan dialihkan menuju jalur lain yakni Jalan Tamansari dan Jalan Teuku Umar.

“Sepanjang jalan Dago juga sejumlah u-turn (belokan) akan ditutup,” ucap Reza.

Di Jalan Riau, jalur dari arah Jalan Ahmad Yani arah ke Jalan Merdeka akan dibuat satu arah. Kendaraan lain akan melalui jalur lain seperti ke Jalan Aceh.

“Sementara Sukajadi nyambung ke Gegerkalong akan dibuat satu arah. Mulai dari Pasteur – mal PvJ (Paris van Java) akan dibuat satu arah ke atas. Sementara arah sebaliknya akan menggunakan Jalan Jurang-Sederhana-Eyckman,” jelasnya.

“Tapi semua rekayasa itu akan dilakukan apabila terjadi kemacetan. Kalau tidak ya seperti biasa saja” Reza menambahkan.

Polisi mengimbau wisatawan yang merencanakan long weekend Desember di Bandung tidak mengandalkan Gerbang Tol (GT) Pasteur. Menurut dia, untuk akses kendaraan roda empat dapat melalui gerbang lain seperti GT Buahbatu, Pasirkoja, Moch Toha, dan Kopo.

“Ya memang sudah disampaikan untuk masuk ke Kota Bandung pakai gerbang tol lain. Supaya merata. Sesuaikan dengan tujuannya,” Pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: