SMK Wikrama Mewakili Indonesia di Film UNESCO

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Wikrama Kota Bogor, Jawa Barat, ternyata terpilih oleh Badan Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) menjadi wakil Indonesia guna pembuatan film dokumenter sebagai proyek percontohan mengenai program perubahan iklim.

“Penilaian dilakukan kepada 12 negara, dan dari Indonesia yang berkompetisi 13 sekolah nasional, di mana akhirnya kami yang terpilih, tentu ini membuat kami bangga,” kata Kepala SMK Wikrama, Iin Mulyani, S.Si, di Bogor, Rabu 8 Agustus 2018 pagi.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Prawitama, yang menaungi SMK Wikrama, Dr drh Agus Lelana, Sp.MP, M.Si, ia mengungkapkan program Association School Project Network (ASPnet), yakni sekolah jejaring yang dijadikan sekolah-sekolah proyek percontohan untuk pendidikan lingkungan yang berkelanjutan di bawah naungan UNESCO dan kini sedang dalam proses pembuatan film dokumenter.

Kurang lebih selama dua pekan tim yang ditugaskan UNESCO nantinya merekam semua kegiatan terkait program perubahan iklim di SMK Wikrama dan sekolah dari 12 negara lainnya yang tergabung dalam ASPnet.

Dalam film dokumenter itu, dilakukan wawancara dan pengumpulan data serta informasi, baik dari pelajar, guru dan karyawan, termasuk dari mitra kerja sama SMK Wikrama, di antaranya dari Kantor Utusan Khusus Presiden untuk Pengendalian Perubahan Iklim yang dipimpin Prof Rachmat Witoelar, Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara pada Pusat Regional Asia Tenggara untuk Biologi Tropika (SEAMEO-BIOTROP), Fakultas MIPA Institut Pertanian Bogor, dan para pihak lainnya.

Setelah dilakukan penilaian, sebanyak 12 negara dinyatakan lolos. Dari Indonesia, sebanyak 13 sekolah yang tergabung dalam ASPnet di bawah Komite Nasional Indonesia Untuk UNESCO (KNIU) memberikan penilaian berdasarkan paparan semua sekolah yang melakukan pendekatan dalam merepons perubahan iklim.

Dari kriteria yang ada pada KNIU, SMK Wikrama terpilih mewakili Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: