Sejuta Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Puasa wajib bagi umat islam pada bulan romadhon. Selain itu puasa juga bisa di laksanakan pada hari hari tertentu sesuai aturan agama misalnya puasa sebelum idul adha dan puasa senin kamis yang merupakan sunah.

Adapun metode puasa digunakan untuk program diet oleh sebagian orang karena dengan metode puasa dapat menurunkan berat badan dan mengontrol berat badan. Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa manfaat berpuasa sangat baik untuk tubuh dan menyehatkan tubuh. Jika kita melakukan puasa sebagai pola hidup rutin maka bisa dirasakan  berbagai manfaat yang dirasakan tubuh.

Apa saja manfaat puasa yuk simak di bawah ini

  1. Mengatur Berat Badan

Dengan kita berpuasa secara rutin dan teratur dapat mengatur berat badan serta mengontrol berat badan. Puasa sangat efektif menjaga keseimbangan tubuh tanpa perlu melakukan diet yang berlebihan. Iringi puasa dengan tetap mengonsusi makanan yang sehat seperti serat, protein, vitamin, dan karbohidrat.

  1. Mengeluarkan Berbagai Macam Racun di Dalam Tubuh

Saat kita berpuasa maka racun-racun yang ada di dalam tubuh akan keluar, sebut saja ini adalah detoksifikasi yang baik.

  1. Menghindari Diabetes

Tingginya kadar gula dalam darah atau yang di sebut diabetes sangat baik apabila rutin melakukan puasa, karena dengan kita berpuasa dapat mengontrol makanan yang mengandung gula dan mengandung lemak.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh maka saat kita berpuasa secara tidak langsung mengontrol asupan kalori dan dapat mengatur kadar kolesterol yang ada di dalam darah. ( baca juga : Menurunkan Kolesterol Ampuh secara Alami )Sebuah penelitian mengatakan bahwa saat berpuasa terjadi penurunan kadar kolesterol di dalam darah sehingga dapat mencegah penyakit serangan jantung dan stroke.

  1. Meningkatkan Kemampuan Otak

Neurotropik berfungsi untuk meningkatkan sel-sel yang ada di dalam otak sehingga dapat meningkatkan fungsi dari otak. Neurotropik dapat meningkat saat kita sedang berpuasa, tidak hanyak itu saat kita berpuasa kita juga dapat menurunkan tingkat stress yang disebabkan karena penurunan hormone kortisol yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal saat berpuasa.

  1. Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat

Saat kita berpuasa terjadi proses peningkatan lomfisit sebanyak 10 kali lipat dari pada tidak berpuasa, peningkatan limfosit ini sangat berpengaruh bagi tubuh karena tubuh tidak akan mudah terserang virus sehingga tidak akan mudah sakit.

  1. Menyerap Nutrisi Lebih Banyak

Saat kita berpuasa terjadi peningkatan hormone adiponectin. Hormon adiponectin ini berfungsi untuk menyerap lebih banyak nurtisi saat berpuasa. Sehingga dapat meningkatkan metabolism tubuh karena nutrisi yang di serap lebih banyak saat berpuasa dibandingkan tidak berpuasa.

Itu lah berbagai macam manfaat berpuasa, maka dari itu gunakan metode puasa untuk polah hidup sehat karena dengan berpuasa kita dapat merawat tubuh dan dapat mengontrol berat badan tanpa harus melakukan diet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *