Sawah Abadi Pemkot Bandung

Suarabandung.com – Tahukah anda? Ternyata Pemkot Bandung memiliki sawah abadi yang berfungsi sebagai ladang pangan sekaligus Ruang Terbuka Hijau (RTH) seluas 32,8 hektar.

Kawasan sawah abadi terletak di daerah Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Pasirluyu yang juga masuk dalam Kawasan Bandung Utara (KBU). Sawah abadi berada di dua RW yakni RW 5 dan RW 8.

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial menyebutkan, pengelolaan sawah abadi melibatkan warga dengan sistem bagi hasil 70 persen untuk petani dan sisanya untuk pemerintah sebagai kas daerah.

Gambar terkait

Photo : www.inilahkoran.com

“Kita baru mulai produktif 2015 dengan total masuk Rp 325 juta masuk kas daerah,” ujar Oded saat meninjau sawah abadi, Kamis (25/1/2017) lalu.

Menurutnya, lahan abadi baru dapat menghasilkan 5% dari kebutuhan beras warga Kota Bandung yang mencapai hingga 600 ton perhari.

“Kita komitmen dan konsisten untuk menambah sawah abadi dari segi kuantitas. Dari segi kualitas juga kita tingkatkan untuk hasil produksinya,” paparnya.

Oded pun tentu berharap ke depannya kawasan sawah abadi tidak hanya produktif dari segi pertanian padi. Namun lahan kering atau daratan yang tidak dipakai sawah pun dapat produktif seperti halnya ternak ikan dan tanaman hias. Baca : Pemkot Bandung Rencanakan Program #TewakanNuMiceunRuntah

Untuk menuju sawah abadi ini tidaklah sulit karena akses sudah cukup bagus dan tidak jauh dari Alun-alun Ujungberung.

Warga yang ingin ke tempat ini memang harus menggunakan kendaraan dikarenakan jalan yang menanjak dan akan lelah jika berjalan kaki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: