Review GoPro Hero 4

GoPro Hero 4 memiliki kesamaan dengan pendahulunya yaitu Hero 3 Black Edition.  Ini adalah yang cukup baik karena itu menandakan bahwa kamera ini memiliki kompabilitas dengan berbagai macam aksesoris yang ada guna pengoptimalan penggunaan kamera fleksibel  tersebut. Dengan kepopuleranya membuat semua aksesori yang dibutuhkan untuk kamera ini mudah untuk dijumpai.

GoPro Hero 4 memiliki 2 varian warna yakni  perak dan hitam. Yang membedakan diantaranya adalah harga yang terpaut sekitar 1.360.000 lebih mahal untuk yang berwarna hitam karena memiliki kecepatan processor yang lebih cepat dan dapat menghasilkan gambar dengan resolusi dan frame rate yang lebih tinggi. Sedangkan yang silver menggunakan layar sentuh, jika ingin menggunakan seperti yang berwarna hitam atau black edition maka penggunannya harus mengeluarkan biaya sebesar 900  ribu rupiah untuk membeli aksesoris LCD Touch BacPAC. Tetapi sayangnya fitur layar sentuh akan tidak akan berfungsi ketika telah dipasangi casing tahan air.

Selain itu jika para  penggunannya membutuhkan yang minimalis maka GoPro Hero 4 Session adalah yang pas untuknya. Selain berbentuk kubus yang lebih kecil dari edise perak dan hitam, kamera tersebut juga tahan terhadap air hingga kedalaman 10m tanpa pelindung. Untuk hasil gambar dan resolusi juga sebanding dengan kedua versi warna yang telah disebutkan tadi, tetapi sayangnya baterai yang digunakan non-removable sehingga akan sulit digunakan pada sesi pemotretan dengan waktu yang lama karena tidak dapat menggunakan baterai cadangan.

Casing yang digunakan GoPro Hero 4 hitam atau black edition juga sama dengan generasi sebelumnya yaitu menggunakan tombol pegas yang membutuhkan sedikit tenaga untuk menekannya. Dari segi pengambilan gambar, Hero4 black edtiton mampu menghasilkan rekaman 4k dengan frame rate 30 fps dan 1080p atau HD dengan 120 fps yang sangat bagus untuk melakukan slow motion, tetapi juga dapat menghasilkan rekaman 2,7k dengan 60 fps. Sedangkan yang perak hanya mampu menghasilkan rekaman maksimal 1080p HD dengan 60 fps, karena alasan yang telah disebutkan diatas yakni menggunakan processor yang lebih lambat. Tetapi dari segi sensor kamera keduanya sudah sangat bagus dalam menghasilkan gambar yang tajam dan tampak begitu alami. Selain itu juga dapat menangkap gambar wajah dengan background yang cukup terang dari cahaya matahari yang kamera biasa akan menghasilkan gambar siluet dan juga dapat merekam  pada pencahayaan yang kurang dengan cukup bagus.

Tetapi sayangnya dari segi daya ketahanan baterai GoPro Hero 4 masih cukup kurang dan inilah hal yang perlu diperbaiki. Pada black edition kamera tersebut hanya mampu bertahan selama 97 menit untuk merekam dengan resolusi 1080p  dengan 30 fps, 70 menit dengan resolusi 4K dengan 30 fps dan 63 menit dengan resolusi 1080p dengan 120 fps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *