Resep Membuat Nasi Kebuli Khas Indonesia

Suarabandung.com – Nasi Kebuli merupakan nasi dengan citarasa yang gurih dan Nasi Kebuli sendiri dibuat oleh warga Indonesia keturunan Arab dan India. Nasi Kebuli biasanya dimasak bersama dengan kaldu dari daging kambing, susu cair, serta minyak samin. Masakan ini lalu disajikan bersama daging kambing goreng serta diberi taburan irisan kismis.

Tentu masakan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi setiap kalangan dan sangat populer dilingkungan masyarakat betawi. Selain masakan nya yang menjadi ciri khas, Nasi Kebuli  memberikan pengaruh besar dari budaya India muslim dan Arab Yaman kepada masyarakat Indonesia. Dalam budaya yang ada di Indonesia, Nasi Kebuli sering disajikan dalam hari-hari besar agama Islam ataupun pesta pernikahan.

Bahan-bahan membuat Nasi Kebuli :

500 gram beras kwalitas baik (cuci beras tersebut).
½ liter air kaldu kambing.
1 gelas susu cair.
1 batang serai (geprak dan memarkan).
2 lembar daun salam.
3 butir kapulaga
3 butir cengkeh.
4 sdm minyak samin.
Kismis secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan :

6 siung bawang merah dan 4 siung bawang putih.
½ sdm jintan.
½ sdm merica butir.
1 sdm ketumbar.
1 ruas jahe kira-kira 1 cm.
Garam dan gula pasir secukupnya.

Cara membuat :

Pertama siapkan wajan lalu panaskan minyak samin, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan serai, daun salam, kapulaga, cengkeh, dan kismis. Tumis bumbu tersebut hingga harum.

Selanjutnya masukkan beras yang telah dicuci bersama kaldu kambing serta susu cair kedalam tumisan. Selanjutnya masak dan aroni nasi tersebut hingga air kaldunya habis.

Setelah nasi diaroni, siapkan dandang lalu kukus hingga nasi benar-benar matang.

Terakhir, sajikan Nasi Kebuli hangat bersama dengan taburan bawang goreng dan daging kambing goreng. Semoga ini dapat menambah pengetahuan anda tentang berbagai macam masakan khas Indonesia. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *