Resep Kue Pai Sederhana dan Lezat

Suarabandung.com – Kue pai merupakan jenis kue yang cukup popular di Indonesia. Kue pai ini memiliki isian yang bermacam-macam. Isian kue pai yang populer adalah buah-buahan. Pai dengan isi buah-buahan biasanya di buat oleh para petani buah-buahan yang ingin menyajikan olahan buah yang lezat dengan rasa yang berbeda.

Kue pai pada umumnya berupa kulit yang terbuat dari tepung dengan isian buah-buahan atau daging yang dipanggang dalam oven. muncul varian baru kue pai yang juga tidak kalah populer dengan pai daging dan pai buah yaitu pai susu.

Berikut resep kue pai susu sederhana yang bisa anda kreasikan di rumah.

Bahan-Bahan Resep Kue Pai

  • 500 gram tepung roti atau tepung terigu untuk kulit
  • 2 telur ayam. Bisa juga menggunakan telur ayam kampung
  • 1 sendok teh garam atau sesuai selera
  • 250 gram margarin
  • 6 kuning telur ayam
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 200 mililiter air matang
  • Untuk merek bahan bisa disesuaikan dengan selera, namun pastikan untuk menggunakan yang berkualitas.

Cara Membuat Kue Pai

  1. Proses yang pertama yakni pembuatan kulit kue pai. Campur 500 gram tepung yang telah disiapkan dengan 250 gram margarin. Bubuhkan garam sesuai takaran resep atau sesuai selera. Aduk secara perlahan agar tercampur dengan sempurna.
  2. Masukkan 2 butir telur (bisa diganti dengan 1 butir telur besar) ke dalam adonan. Lalu aduk adonan, uleni hingga bahan tercampur merata. Adonan yang sudah kalis menandakan bahan sudah tercampur dengan sempurna.
  3. Kemudian membuat isian kue pai. Campur 6 kuning telur ayam dengan 1 kaleng susu kental manis dan air 200 mililiter. Campur ketiga bahan tersebut. Gunakan mixer dengan kecepatan sedang. Aduk hingga merata.
  4. Siapkan cetakan kue untuk kulit kue pai. Ratakan kulit kue pai ke permukaan cetakan. Usahakan gunakan tangan agar adonan tidak retak setelah pemanggangan. Sebainya kulit pai jangan terlalu tipis dan jangan pula terlalu tebal.
  5. Selanjutnya isikan isian pai ke dalam adonan kulit yang sudah ditempatkan di cetakan. Isian pai sebaiknya jangan diisi terlalu penuh untuk menghindari isian tidak matang. Untuk variasi bisa ditambahkan potongan buah agar menambah kenikmatan pai.
  6. Terakhir panaskan oven dengan suhu sedang. Setelah itu masukan cetakan kue pai ke dalam oven, tunggu 40-60 menit. Setelah selesai angkat kue pai lalu sajikan.

Catatan: Cetakan yang digunakan sebaiknya cetakan yang berukuran kecil hingga sedang. Jenis kue pai dengan ukuran ini akan lebih mudah disajikan untuk santapan sore bersama keluarga.

Kue pai mengandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan keluarga. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *