Resep Ayam Asap Teh Hijau

Suarabandung.com – Jika bunda dirumah sedang bingung untuk mengolah daging ayam menjadi sajian spesial, mungkin resep ayam asap teh hijau ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Keistimewaan resep berikut ini terletak pada cara memasak ayam yang dikukus terlebih dahulu, baru diasap memakai daun teh hijau dan bumbu-bumbu lainnya.

Dengan cara seperti ini aroma teh yang unik pada daging ayam pun dapat dihasilkan secara maksimal. Selain itu, anda tidak perlu bingung untuk mendapatkan serpihan teh hijau, karena anda dapat menggunakan serpihan teh hijau pada teh celup.

Bahan yang diperlukan:

  • 1 ekor ayam
  • 2 sdm serpihan daun teh hijau kering
  • 1 sdm gula palem
  • 2 sdt minyak wijen untuk olesan

Bumbu yang dihaluskan:

  • 1 sdm merica butiran, sangrai
  • 1 sdm garam

Cara membuat Ayam Asap Teh Hijau:

  1. Pertama lumuri bagian dalam maupun luar daging ayam yang sudah dibersihkan dengan bumbu halus secara merata.
  2. Lalu rapikan bentuk ayam dan ikat kedua paha dengan benang.
  3. Kukus ayam dalam dandang panas selama 30 menit, dan angkat.
  4. Kemudian siapkan wajan, alasi wajan dengan kertas foil dan bungkus tutup wajan dengan kertas foil. Masukkan serpihan daun teh hijau dan gula palem ke dalam wajan.
  5. Taruh rak panggangan di atas campuran daun teh dan gula palem. Letakkan ayam yang sudah dikukus tadi di atas rak dengan bagian dada ayam menghadap keatas.
  6. Tutup wajan, masaklah di atas api besar selama 6 menit. Lalu buka wajan dan balikan ayam, tutup kembali. Diamkan selama 6 menit.
  7. Angkat ayam, segeralah olesi dengan minyak wijen pada permukaan daging ayam hingga merata.

 

Memang untuk memasak ayam asap teh hijau memerlukan proses cukup lama. Namun, sesekali membuat masakan istimewa untuk keluarga tercinta tidak ada salahnya.Jika anda ingin mengganti daging ayam dengan daging lainnya juga bisa, misalnya menggunakan daging bebek.

Namun jika anda ingin menggunakan daging bebek, karena tekstur daging bebek lebih alot maka sebaiknya daging bebek direbus semalam sebelum di masak agar tidak terlalu lama membuang waktu anda dirumah. Selamat mencoba..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *