Puskesmas Bandung Akan Dilengkapi Aplikasi Canggih Diagnosa Penyakit

Suarabandung.com – Kali ini Kota Bandung memiliki sebuah aplikasi yang dapat digunakan para dokter dalam mendiagnosa penyakit pasiennya.

Aplikasi tersebut akan digunakan oleh para dokter di Puskesmas wilayah Kota Bandung. Aplikasi yang diberinama SEHAT (Sistem Elektronik Aplikasi Rujukan Terpadu) adalah sumbangan dari Australia.

Para dokter yang bertugas di Puskesmas dapat dengan mudah meminta masukan atau konsultasi dari para dokter ahli dari seluruh dunia mengenai diagnosa penyakit dari pasien yang datang. Dalam aplikasi ini berkumpul 30 ribu dokter dari seluruh dunia.

“Puskesmas akan dilengkapi satu teknologi yang dibuat oleh dokter dari Australia sebuah sistem elektronik aplikasi rujukan terpadu,” tutur Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat menghadiri Hari Kesehatan Nasional ke-53, di Kantor Dinkes Kota Bandung, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Minggu (12/11/2017) lalu.

Menurutnya, dengan adanya aplikasi ini petugas atau dokter di Puskesmas bisa dengan mudah dalam melakukan diagnosa penyakit. Sehingga setiap pasien yang datang tidak selalu dirujuk ke rumah sakit. Namun bisa langsung diselesaikan di Puskesmas.

“Dokter Puskesmas bisa konsultasi ke seluruh dokter ke seluruh dunia, sampai 30 ribu dokter. Supaya nanti bisa ditangani di Puskesmas tanpa harus dilakukan rujukan ke rumah sakit,” Ucap Emil.

Bandung merupakan kota pertama yang menggunakan aplikasi ini. “Catat ya Bandung jadi yang pertama. Ini rencananya bakal kita launching Selasa (14/11) ini,” Pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *