Piramida Misterius di Situs Megalitikum Gunung Padang, Cianjur

Suarabandung.com – Pada lintasan gunung berapi di kawasan Cianjur terdapat sebuah penemuan besar yang sukses mengubah sejarah peradaban di masa lalu.

Ketika reruntuhan candi ditemukan di bukit setinggi 100 meter ini, awalnya semua orang menganggap itu hal yang biasa. Setelah 20 tahun berlalu barulah diketahui bahwa candi tersebut bukan berdiri di atas bukit, melainkan di sebuah piramida buatan manusia yang terkubur oleh tanah..

Hasil gambar untuk gambar piramida di gunung padang cianjur

Photo : viva.co.id

Dari uji karbon yang dilakukan, disimpulkan bahwa bebatuan yang digunakan untuk membangun piramida tersebut diperkirakan telah berusia antara 9.000 hingga 20.000 tahun silam, atau 6.000 tahun sebelum Raja Tut membangun piramida-piramida di Mesir – dan menjadikannya sebagai piramida tertua di dunia.

Hingga saat ini bermacam penelitian sejarah masih berlangsung. Saat ini Gunung Padang telah dibuka untuk umum. Untuk menuju puncaknya dibutuhkan waktu daki selama 20 menit melalui jalan setapak. Di teras pertama dan yang paling luas, pengunjung akan disambut oleh sebuah pohon besar.

Semakin ke menuju ke puncak, ukuran teras kian mengerucut sebagai simbol hierarki masyarakat di masa lalu.

Saat anda berdiri di tengah-tengah tempat purbakala yang dikelilingi oleh gunung berapi, pepohonan hijau, serta suasana yang begitu tenang, tentu anda pun akan membayangkan kehidupan di masa pra-sejarah sambil menikmati pemandangan yang indah.

Jika ingin kesana, dari Jakarta ke Jalan Raya Puncak hingga tiba di Cianjur. Saat bertemu bundaran, belok ke kanan. Teruskan perjalanan hingga melalui persimpangan besar, lalu belok kiri ke Jl. Gunung Padang.

Perlu anda ketahui terdapat papan penunjuk jalan bertuliskan Situs Megalitikum Gunung Padang, namun ukurannya kecil, jadi sebaiknya anda harus memperhatikan jalan dengan seksama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *