Pilkada Serentak, 27 Juni 2018 Ditetapkan Sebagai Hari Libur Nasional

Bertepatan dengan Hari Pemungutan Suara yakni Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2018 pada Rabu, 27 Juni 2018, pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa pada hari tersebut sebagai hari libur nasional.

Keputusan ini ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melalui sebuah Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 15 Tahun 2018.

“Menetapkan hari Rabu tanggal 27 Juni 2018 sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara serentak,” bunyi Keppres seperti diberitakan oleh laman Okezone.

Dasar penerbitan Keppres sudah sesuai dengan Pasal 84 Ayat (3) Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota menjadi Undang-undang sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan UU Nomor 10 Tahun 2016, bahwa pemungutan suara dilakukan pada hari libur atau hari yang diliburkan.

Di berlakukannya Keppres ini guna masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dalam pemungutan suara di Pilkada tahun 2018.

 

Sumber : InfoBandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: