Petani Ini Tanam Bunga Untuk Minimalkan Pestisida dan Usir Hama

Suarabandung.com – Guna mengurangi hama di sawahnya, petani di Dusun Jajal, Desa Lembah, Kecamatan Babadan, Ponorogo ini tidak hanya menggunakan pestisida. Mereka juga menanam bunga.

Bunga ini cukup efektif menurunkan tingkat pupulasi hama yang menyerang padi. Dengan bunga ini, penggunaan pestisida menurun drastis.

Tanaman bunga ini sangat bermanfaat bagi para petani karena dapat menghalau hama saat panen tiba.

Hasil gambar untuk gambar Petani Ini Tanam Bunga Untuk Minimalkan Pestisida dan Usir Hama

Photo : laponews.com

Bunga pengusir hama tersebut dikenal dengan nama tanaman refugia.

Salah satu petani, Hartono menuturkan jenis tanaman refugia ini banyak mulai dari bunga matahari, bunga kenikir, bayam, kembang kertas, tapak dara, dan jengger ayam.

Hartono menyebutkan dengan adanya tanaman refugia ini populasi hama ya menyerang tanaman padinya menurun drastis. “Setelah ditanami bunga-bunga ini mampu mengurangi hama tanaman padi, biasanya sering nyemprot pakai pestisida sekarang sudah jarang,” paparnya.

Program penanaman tanaman refugia berawal berasal dari sekolah lapang pengendalian hama terpadu yang digelar oleh Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur.

“Awalnya dari 40 petani anggota kelompok tani Mukti Tani hanya ada 15 petani yang mau menanam bibit bunga di pematang sawah,” ujarnya.

Selain bermanfaat untuk menjaga hasil panen aman tetap aman dari serangan hama, tanaman refugia ini juga dapat dijadikan tempat swafoto yang menarik.

“Tak jarang, gabungan kelompok tani yang belajar ke sini sekalian selfie,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: