Petani Asal Lembang Ulus Pirmawan, Raih Penghargaan Petani Teladan Oleh FAO

Suarabandung.com – Ulus Pirmawan mampu menjadi petani yang sukses dan mengangkat kesejahteraan petani di wilayahnya, Kampung Gandok, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Meski hanya lulusan sekolah dasar (SD), berbagai keberhasilannya yakni Food and Agriculture Organization (FAO) dan ia mampu meraih penghargaan sebagai petani teladan pada Hari Pangan Internasional di Thailand, 16 Oktober mendatang.

Ulus berhasil membawa banyak manfaat untuk para petani dan keluarganya serta kelompok tani yang dia bentuk Gapoktan Wargi Panggupay dimana Ulus menjadi ketuanya.

Bukan hanya itu, Ulus memiliki konsep yang layak untuk diterapkan dalam dunia pertanian. Ulus ingin menciptakan sektor pertanian terpadu di mana memadukan sektor pertanian dan jua peternakan.

Ulus berhasil menerapkan jalan usaha tani di daerahnya. Atas berbagai usahanya tersebut dan dibantu oleh petani yang tergabung dalam Gapoktan Wargi Panggupay mampu memberi manfaat kepada petani di sekitarnya dan juga bisa menjadi inspirasi bagi petani lainnya.

Ulus terus berjuang dan mencari bantuan dari mulai tingkat daerah sampai tingkat pusat agar sektor pertanian terpadu yang dicita-citakannya terwujud.

“Awalnya bingung tapi alhamdulillah karena ada kenalan di Kementerian Kerja Sama Luar Negeri saya masukin proposal, direspon. Ada perusahaan swasta dari Amerika yang bantu 20 ekor sapi,” ujar Ulus.

“Dengan sektor pertanian terpadu, hasil sayuran bisa lebih ramah lingkungan dan ramah konsumsi. Karena kotoran ternak bisa jadi pupuk, limbah sayuran bisa jadi pakan ternak,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *