Perlukah Si Kecil Tidur di Siang Hari ?

Suarabandung.com – Perlukah anak – anak untuk tidur di siang ? beberapa para ahli memiliki pendapat berbeda mengenai perlu-tidaknya anak untuk tidur siang. Namun beberapa para ahli mengungkapkan bahwa tidur siang bagi anak sangat baik untuk kesehatan tubuh, dan sangat baik untuk masa pertumbuhan.

Hormon Kortisol yang terdapat pada anak yang melakukan tidur siang bermanfaat untuk menetralisasi stres sehingga saat terbangun tubuh dalam keadaan segar dan mampu berkonsentrasi dengan baik.

Manfaat yang diperoleh dari tidur siang yaitu mengembalikan kondisi fisik dan mental, mudah berkonsentrasi tentunya, anak mudah berkomunikasi, cepat tanggap dalam menangkap pembicaraan dan mudah beradaptasi.

Biasanya anak sulit tidur siang karena asyik bermain atau sedang merasa sangat senang. Namun jika anak tidak tertidur atau tidur siang. Anak menjadi cepat marah, rewel berkepanjangan, kurang berkonsentrasi, susah bergaul, dan akan mengalami gangguan tidur pada malam harinya.

Berikut ini yang bisa dilakukan orangtua untuk membujuk si kecil agar mau tidur siang.

  • Jelaskanlah pada anak mengenai pentingnya tidur siang yang harus ia lakukan.
  • Minimal 1 jam sebelum tidur siang, pastikan anak tidak diberi aktivitas yang melelahkan. Ajaklah si kecil melakukan aktivitas ringan dikamar tidurnya.
  • Lakukan berbagai cara agar si kecil mulai mengantuk dan tertidur. Seperti membacakan cerita dongeng, buku cerita dengan suasana yang membuat relaks atau bisa juga diperdengarkan lagu – lagu lembut penghantar tidur.

Pada anak usia sekolah, tidak diharuskan tidur siang. Tetapi jika memang sempat dan ada waktu luang, seperti misal anak pulang sekolah pukul 14.00, lalu tidur siang hingga pukul 16.00 bermain sebentar lalu mandi dan belajar, ini diperbolehkan.

Namun sebaiknya anak tidak tidur menjelang malam misal, pukul 18.00 lalu bangun pukul 20.00. sebab setelah tidur dan terbangun badan kembali segar dan tidak bisa tidur dimalam hari tepat waktu. Akibatnya keesokan harinya ank sulit bangun. Dan tampak lesu karena kurang tidur.

 

Trims wassalam..
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *