Penyebab Penyakit Jantung

Penyebab Penyakit Jantung – Kelainan fungsi pada jantung adalah salah satu penyakit yang memiliki angka kesakitan dan kematian yang tinggi mengingat fungsi jantung yang sangat vital dalam mensuplai darah ke seluruh tubuh. Penyakit kardiovaskuler cukup ditakuti karena jumlah orang yang mederita penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meninggi dari waktu ke waktu. Pembunuh nomor satu di dunia ini dapat menyerang siapa saja karena pembunuh ini tidak pilih – pilih siapa yang akan diserangnya. Bukan hanya orang – orang yang sudah tua saja namun juga dewasa muda bahkan anak – anak  juga dapat mengalami meskipun resikonya relatif kecil dibandingkan dengan orang yang sudah tua.

Dengan pola hidup yang tidak sehat yang dilakukan oleh banyak orang pada masa kini, memicu penyakit ini dapat menyerang siapa saja. Oleh karena itu kita sangat wajib untuk menghindar dari serangan penyakit jantung ini. Penyakit ini merupakan penyakit dimana organ yang sangat penting dalam tubuh, yakni jantung tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik yaitu memompa darah dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Penyebab penyakit jantung ini sangat beragam, antara lain:

  1. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol yang secara berlebihan dapat membuat seseorang terserang penyakit yang dapat mematikan ini. Seringkali seseorang mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang sangat banyak karena alkohol mengandung zat adiktif yang membuat seseorang ingin selalu mengkonsumsinya.

Meminum alkohol secara berlebihan dapat meracuni syaraf, kegiatan tersebut juga meningkatkan resiko serangan jantung pada remaja dewasa. Tidak hanya itu saja, orang yang biasa mabuk mengalami masalah pada dua sel utama yaitu endotel dan otot polos pembuluh darah. Hal ini bisa menjadi cikal bakal atherosklerosis atau penyempitan pembuluh darah yang berpotensi menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke.

  1. Kelelahan

Kondisi seseorang yang mengalami kelelahan dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung. Terkadang setiap orang sangat asyik dengan aktivitasnya yang sangat melelahkan hingga melupakan waktu kapan ia harus istirahat. Hal tersebut dapat menyebabkan serangan jantung. Sangat disarankan agar kita memperhatikan waktu istirahat kita terutama waktu tidur kita. Karena tidur dan mengistirahatkan organ tubuh  adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan agar badan kembali menjadi segar.

  1. Pola makan tidak sehat

Pola makan yang tidak sehat dapat juga memicu serangan jantung, sekalipun kita belum mengidap penyakit yang satu ini. Kebanyakan orang terbiasa mengkonsumsi makanan yang kurang sehat bagi tubuh, sehingga dapat mengakibatkan seseorang terserang berbagai macam penyakit. Sebaiknya kita menghindari makanan – makanan yang banyak mengandung lemak jahat, gula dan garam serta segera beralih mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah – buahan.

  1. Olahraga

Olahraga juga memegang peranan penting dalam pola hidup sehat. Olahraga sebaiknya dilakukan beberapa kali seminggu selama kurang lebih setengah jam.

  1. Tingkat stress

Tingkat stress yang berlebihan pada seseorang dapat memicu seseorang terserang penyakit mematikan ini. Stress merupakan suatu kondisi yang dapat mempengaruhi daya tahan tubuh kita sehingga berbagai macam penyakit dapat masuk dengan mudah pada seseorang yang mengalami stress. Stres yang tidak terkelola dengan baik diketahui meningkatkan tekanan darah.

  1. Infeksi‏

Penyebab infeksi jantung bisa dari bakteri, parasit dan virus

  1. Penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan terjadi sejak dilahirkan dan diturunkan dari gen kedua orang tua.‏

  1. Sebab lain‏

Penyebab ketidak normalan jantung bisa dari penyakit lain misalnya karena ketidak seimbangan hormon, anemia, penyalahgunaan alkohol, penggunaan narkoba, penggunaan obat-obat tertentu.

Demikianlah tadi ulasan kali ini mengenai beberapa hal penyebab penyakit jantung. Semoga dapat memberikan informasi dan juga menambah wawasan kita seputar peyakit jantung. Semoga dapat bermanfaat, salam sehat.

baca juga : Gejala Demam Berdarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *