Penyebab Ibu Hamil Mudah Lelah

Suarabandung.com – Ibu hamil biasanya cenderung mudah lelah sehingga malas untuk melakukan berbagai aktifitas dan memilih untuk lebih sering bersantai. Kebanyakan orang menganggap hal ini wajar adanya karena ukuran perut yang semakin membesar dan berat badan yang semakin bertambah sehingga membuat mereka kesusahan untuk beraktifitas.

Ada berbagai hal lain yang bisa membuat ibu hamil mudah lelah sebagai berikut.

Berubahnya hormon dalam tubuh

Ibu hamil akan mengalami perubahan hormon dalam tubuhnya dengan signifikan, khususnya dalam hal peningkatan hormon progesterone. Jika hormon ini berada dalam jumlah yang tinggi, maka tubuh akan cenderung mudah mengantuk.

Tubuh juga akan mengalami penurunan tekanan darah dan kadar gula darah yang membuat ibu hamil cenderung mudah lelah. Baca juga : Cara Agar Miss V Tidak Robek Saat Melahirkan Normal

Kerap mual dan muntah

Morning Sickness cenderung muncul di trimester pertama kehamilan, namun, ada sebagian ibu hamil yang terus mengalaminya dengan cukup parah sehingga membuat badannya terasa lemas sepanjang hari.

Anemia
Ibu hamil biasanya rentan terkena anemia atau kekurangan zat besi. Sebaiknya ibu hamil memeriksakan kondisi kesehatannya untuk mengetahui apakah mereka terkena anemia atau tidak.

Kecemasan

Meski merasakan kebahagiaan karena adanya janin dalam kandungan yang terus berkembang, ibu hamil ternyata juga bisa merasakan kecemasan, khususnya dalam hal mengetahui kondisi buah hatinya atau persiapan ibu saat melahirkan nantinya. Rasa cemas ini ternyata dapat menguras energi dan akhirnya membuat mereka mudah lelah.

Ada baiknya keluarga memberikan dukungan maksimal sehingga kondisi kesehatannya tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: