Pendeteksi Gempa Bumi Karya Agus Obrek

Alat pendeteksi gempa bumi sudah dipamerkan dalam acara Gelar Teknologi Tepat Guna, pada 7-9 Agustus 2018, acara tersebut adalah sebuah inovasi warga yang menarik perhatian Penjabat Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan. Meskipun tak menyabet juara dalam lomba TTG, terdapat sebuah alat yang dianggap sangat bermanfaat.

Produk inovatif pendeteksi gempa yang mampu mendeteksi dan mengeluarkan bunyi jika terjadi guncangan. Alat tersebut diberi nama Shake Detector Lini Bell dan merupakan hasil karya Agus Obrek (43), warga Kampung Hegarmanah, RT 2 RW 1, Desa Nyenang, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat.

“Alat ini mampu mendeteksi adanya getaran dengan sensitivitas terendah dua skala richter,” ujar Agus, di sela acara Gelar Teknologi Tepat Guna di Lapangan Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Rabu 8 Agustus 2018.

Menurutnya, produk hasil kreasinya tersebut dapat mendeteksi kejadian bencana alam yang menimbulkan getaran, seperti halnya gempa bumi, tsunami, dan lain-lain.

Tak hanya itu, alat tersebut dapat menjaga rumah terhindar dari ancaman pencuri, karena mengeluarkan bunyi sirine saat timbul getaran atau adanya sentuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: