Penangkaran Benih Lobster Akan Dibangun di Cisolok Sukabumi

Pemerintah rencanya akan segera membuat lokasi penangkaran benih lobster atau benur di wilayah Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan inginkan adanya penangkaran nelayan tak lagi mengambil benur dari laut. 

Tak hanya itu, sejumlah nelayan rencanya akan mendapatkan pelatihan sehingga kelak dapat menularkan ilmunya kepada para nelayan lainnya. “Kita berikan keterampilannya. Nanti apakah nelayan yang kita berangkatkan ke Vietnam yang sudah maju soal penangkaran benur atau kita datangkan yang ahlinya ke lokasi ini,” ujar Luhut saat kunjungan kerja ke kampung nelayan, Cikahuripan, Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (19/3/2019).

Ia memastikan bahwa rencana tersebut untuk membuat penangkaran segera direalisasi dalam satu hingga dua minggu ke depan. “Tujuan dari penangkaran ini nantinya nelayan bisa menikmati nilai tambah, harga bisa dua sampai tiga kali naik,” ungkap Luhut.

Aji Mahpudin, tokoh nelayan setempat, mendukung rencana tersebut. Dia berharap ada perubahan pada aturan menteri KKP soal benur, karena komoditas tersebut sangat potensial untuk menaikkan pendapatan nelayan setempat.

“Kita berharap kebijakan, intinya nelayan di sini termasuk saya, bisa makan dari rezeki benur ini. Kalau pun memang tidak boleh ditangkap, kita tampung kemudian dibudidaya melalui penangkaran. Kemudian berlanjut pada pemberdayaan keahlian bagi masyarakat nelayan,” ungkap Aji.

Ia pun menyampaikan harga benur bervariasi, mulai Rp 4 ribu hingga dari Rp 20 ribu per ekornya. “Harganya naik turun, saat ini sedang rendah-rendahnya,” kata Aji.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: