Pemkot Bandung Rencanakan Program #TewakanNuMiceunRuntah

Suarabandung.com – Rencananya mulai pekan depan tim gabungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), PD Kebersihan dan Satpol PP Kota Bandung yang tergabung kedalam Tim Patroli Pengawas Kebersihan (PPK) akan melakukan sidak pada warga yang membuang sampah sembarangan.

“Minggu depan kita sudah ada program #TewakanNuMiceunRuntah untuk menindak warga yang membuang sampah sembarangan,” jelas Kabid Kebersihan DLHK Kota Bandung Sopyan Hermadi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/1/2018) kemarin.

Menurut Sopyan program ini merupakan Operasi Tangkap Tangan (OTT) bagi siapa saja yang membuang sampah sembarangan di lingkungan, sungai, jalan raya atau tempat umum lainnya.

Sopyan menyebutkan, Tim PPK akan melakukan patroli untuk melakukan OTT terhadap oknum warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

Warga lain juga dapat melakukan OTT, namun tetap sesuai dengan prosedur.

Menurutnya, Pemkot Bandung sudah sejak lama memiliki Peraturan Daerah (Perda) mengatur hukuman bagi warga yang membuang sampah sembarangan. Namun hal itu kurang optimal karena belum ada tindak lanjut yang lebih jelas.

“Jadi nanti kalau kena OTT warga bisa didenda Rp 1-5 juta atau kurungan tiga bulan. Setiap yang terkena OTT akan kita tahan identitasnya untuk mengikuti Sidang Tipiring,” ungkapnya.

Pihaknya pun berharap, program tindakan tegas tersebut dapat menyadarkan warga untuk menjaga lingkungannya dari sampah.

Sehingga sedikit demi sedikit permasalahan sampah yang menyebabkan banjir pun dapat terselesaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: