Pemberi Rokok kepada Orangutan di Bunbin Bandung Terancam Hukuman Pidana

Suarabandung.com – Media sosial sempat dihebohkan dengan sebuah video yang beredar berisi seorang pengunjung Kebun Binatang Bandung yang melemparkan puntung rokok kepada seekor orang utan.

Video diunggah oleh salah satu pengguna Facebook seorang aktivis pecinta hewan bernama Marison Guciano.

“Orang utan di Kebun Binatang Bandung ini diberi rokok oleh pengunjung yang bodoh. Pengunjung tidak tahu bagaimana cara menangani hewan, namun kurangnya pengawasan oleh pengelola kebun binatang adalah juga sebuah persoalan, dan merupakan salah satu isu yang harus diatasi. Indonesia saat ini membutuhkan standar kesejahteraan hewan di kebun binatangnya,” tulis Marison.

Kapolrestabes Bandung Hendro Pandowo sempat mendatangi Kebun Binatang Bandung pada Rabu (7/3/2018). Ia menyrbutkan pihak kepolisian akan memburu pelaku pemberi rokok tersebut.

Hendro pun menggelar rapat dengan pengelola Kebun Binatang Bandung.

Pihak Kebun Binatang Bandung sudah mendapatkan video dan foto pelaku pemberi rokok pada orangutan.

“Kami sangat bersyukur dengan viralnya video tersebut, sehingga sanksi sosial bisa diterima oleh pelaku pelanggaran tersebut. Kami pun menyesalkan dengan beredarnya video tersebut, karena memberikan contoh yang tidak baik pada masyarakat,” ungkap Humas Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafii.

Pihak Kebun Binatang Bandung sudah memastikan bahwa orangutan yang bernama Ozon dan berusia 22 tahun ini dalam kondisi yang baik baik saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: