Pantau Kondisi Mars, NASA Terbangkan Helikopter

NASA semakin mengetahui seluk beluk Planet Mars. Menurut laporan terbaru, badan antariksa Amerika Serikat tersebut akan menyertakan sebuah helikopter saat perjalanan ke Planet Merah tersebut.

Menurut laman The Verge, Selasa (15/5/2018), NASA membawa sebuah helikopter otonomos kecil dalam penerbangan ke Mars yang direncanakan dilakukan pada 2020.

Helikopter ini terbang mengitari atmosfer NASA yang 10 kali lebih tipis dari Bumi.

Desain helikopter bernama Mars Helicopter sudah dikerjakan selama empat tahun oleh Jet Propulsion Laboratory NASA. Namun, saat itu belum dapat diputuskan kapan helikopter tersebut akan diterbangkan.

Helikopter ini disebut tak akan mempengaruhi misi penerbangan ke Mars. Jika helikopter ini berhasil, bisa jadi akan dapat membantu misi ke Mars karena mampu merekam video dalam posisi bird-eye, sesuatu yang tak dapat dilakukan sebelumnya.

Bahkan mungkin saja helikopter ini dapat digunakan untuk menjelajah wilayah yang tak terjangkau sebelumnya. Rencananya, helikopter akan disematkan di bawah rover yang diterbangkan ke Mars

Saat tiba di Planet Merah, helikopter tersebut mencari tempat yang tepat untuk mulai meluncur dan terbang.

Perlu diingat, karena jarak Bumi dan Mars sangat jauh, perintah yang diberikan membutuhkan waktu beberapa menit untuk dapat diterima helikopter.

“Ide helikopter yang terbang di planet lain ini sangat menarik. Mars Helicopter menawarkan banyak kesempatan untuk perkembangan ilmu, penemuan, dan misi Mars di masa depan,” ungkap anggota NASA Jim Bridenstine.

Misi ke Mars ini direncanakan akan dilakukan pada 2020, tepatnya di Bulan Juli. Apabila sesuai jadwal, pesawat luar angkasa yang diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat akan tiba di Mars pada Februari 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: