Nutrisi Penting Bagi Perkembangan Bayi

Sebelum nya calon bunda yang baik akan mempertimbangkan apa saja yang kelak akan di berikan untuk buah hatinya. Mulai dari persiapan asi sampai pada nutrisi nutrisi untuk menunjang perkembangan otaknya. Bayi 0-6 bulan sangat penting mendapatkan Asi yang merupakan satu satunya makanan dan minuman bayi  dimana Asi memiliki nutrisi paling lengkap untuk pertumbuhan, kesehatan, imunitas dan perkembangan bayi.

Adapun bayi 6 bulan plus (6+) akan mendapatkan MPASI pertamanya, maka dari itu bunda harus bijak memberikan makanan pendaping. Berikan lah nutrisi yang baik untuk buah hati anda. Lantas apa saja makanan yang bernutrisi itu ?

Makanan bernutrisi adalah makanan yang mengandung :

  1. Protein : Makanan yang mengandung protein membantu mengoptimalkan perkembangan panca indra bunda yang sedang menyusui bisa mengonsumsi makanan seperti daging, kacang-kacangan, kacang kedelai, telur dan ikan sebagai sumber protein.
  2. Asam Folat : Penting bunda ketahui bahwa asam folat dib utuhkan bayi semenjak menjadi janin di dalam kandungan Asam folat mampu mencegah resiko cacat tabung saraf dan terbentuknya tumor otak pada bayi.
  3. Vitamin B6 dan B12 : Vitamin B6 sangat baik untuk perkembangan kemampuan anak dalam beradaptasi dengan lingkungannya begitipun dengan Vitamin B12, bunda dapat memberikan roti, sereal, ikan tuna, daging sapi, dan daging ayam.
  4. DHA dan Omega 3 : DHA meningkatkan perkembangan psikomotorik dan perkembangan mental Si Kecil. Asi pun merupakan sumber DHA terbaik bagi si kecil.
  5. Kolin : Tidak banyak di ketahui para bunda bahwa kolin adalah nutrisi penting sejak si buah hati berada di dalam kandungan. Awal kehidupan bayi sangat penting mendapatkan kolin untuk pembentukan tulang belakang dan  perkembangan sel sel otak  sebagai. Bunda yang memberikan Asi sebaiknya banyak mengonsumsi telur, kacang kedelai dan susu.
  6. Zat Besi merupakan nutrisi penting bagi perkembangan otak yang optimal karena zat besi merupakan mineral dibutuhkan tubuh untuk pembentukan hemoglobin atau sel darah merah. Bunda bisa mendapatkan zat besi dari asupan daging, sayuran, telur dan sereal.
  7. Seng merupakan nutrisi pembentukan sel darah putih guna melawan diri dari infeksi. Sumber nutrisi seng bisa di dapat dari daging sapi dan daging ayam.

Nah itu dia bunda ke 7 nutrisi penting bagi buah hati dalam perkembangan dan pertumbuhan terbaiknya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *