Naiki Bus Sakoci di Cimahi Bisa Dibayar dengan Sampah

Pemkot Cimahi telah membuat sistem pembayaran bus wisata Sakoci (Saba Kota Cimahi) menggunakan sampah. Bertujuan untuk memberikan edukasi pengelolaan sampah, terutama bagi anak-anak.

Sakoci adalah bus wisata yang memiliki rute dalam menjelajahi tempat-tempat bersejarah di kota militer tersebut. Mulai dari bioskop bersejarah “Rio” hingga Kampung Adat di Cireundeu Jawa Barat

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi M Ronny menyebutkan warga dapat membayar dengan menggunakan kardus, botol plastik, duplex, logam, hingga kaca.

“Nantinya jumlahnya disesuaikan dengan tarif, misal harga tiket Rp 15 ribu, terus harga dus sekilo Rp 3.000, pengunjung nanti tinggal membawa lima kilogram,” ucap Ronny, pada Sabtu (11/8).

Warga atau anak-anak nantinya bisa menukarkan sampah di sekolah-sekolah atau fasilitas umum yang telah terintegrasi dengan bank Sampah Induk Cimahi (Samici) dengan kupon atau voucher perjalanan.

“Nanti kupon tersebut ditukarkan dengan tiket perjalanan di Alun-alun Cimahi,” ungkap Ronny.

Wakil Ketua Organda Olan Siswanto tengah mendukung. adanya wacana tersebut. “Kami selaku penanggung jawab siap saja melaksanakan program tersebut, tinggal menunggu ketok palunya dari pemerintah kota,” ujar Olan saat dihubungi.

Olan juga menampik dengan adanya program perjalanan bus dengan sampah tersebut karena harga tiket Sakoci mahal. “Kalau mahal relatif ya, karena harga itu sudah dikaji sebelumnya dan itu masih bisa dijangkau oleh masyarakat,” terang dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: