Mobil Basarnas Ubah Air Kotor Citarum Jadi Laik Pakai

Suarabandung.com – Badan SAR Nasional Jawa Barat operasikan satu unit mobil water treatment buatan Jerman guna membuat air Sungai Citarum menjadi air laik pakai yang disalurkan untuk korban banjir di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Sebelum menghasilkan air yang jernih, air kotor di aliran Citarum disedot terlebih dahulu menggunakan slang dan langsung masuk mesin penjernih air yang terpasang di dalam mobil. Aktivitas penyulingan tersebut berlangsung hingga menghasilkan air jernih yang laik pakai.

“Kendaraan water treatment gunanya untuk mensuplai air bersih, bagi korban banjir,” ujar Juru Bicara Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor.

Joshua menuturkan dalam mesin terdapat empat filter dan sepuluh membran untuk memproses penjernihan air. Usai diolah mesin penjernih, air ditampung dalam tangki lalu didistribusikan untuk warga yang terdampak banjir.

“Kita akan bagikan ke warga. Hari ini kita fokuskan dulu ke warga Baleendah, air ini bisa digunakan untuk mandi cuci kakus. Bisa digunakan untuk diminum, tapi harus di masak dulu,” tutur Joshua.

Dalam sehari lima tangki air bersih dapat tersalurkan. Satu jam pengolahan air dapat menghasilkan satu tangki berkapasitas 3.000 liter.

Pengolahan air kotor Citarum dengan menggunakan alat pengukur PH. Terlah teruji normal dan laik digunakan dengan nilai PH 7.

“Kita gunakan alat uji lab, PH-nya normal bisa untuk digunakan,” jelas nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: