Minuman Hangat Enak Disantap Saat Cuaca Dingin di Kota Bandung

Suarabandung.com – Kota Bandung dikenal dengan cuaca yang sejuk dan sangat dingin terutama ketika musim hujan tiba. Jika anda mulai merasakan kedinginan di Kota ini, anda bisa menikmati beberapa minuman hangat yang nikmat terutama saat cuaca dingin di Bandung.

Bandrek

Hasil gambar untuk gambar bandrek di jalan cilaki bandung

Photo : BP Guide

Bandrek merupakan minuman tradisional khas Jawa Barat yang dapat meningkatkan kehangatan tubuh. Memiliki bahan dasar jahe dan gula merah, sajian bandrek juga sering ditambahkan dengan bahan rempah-rempah lain yakni serai, merica, pandan, telur ayam kampong, dan lainnya.

Di Bandung, minuman bandrek disajikan dengan tambahan kerukan daging kelapa, dan aneka rebusan seperti kacang rebus, ubi, dan juga aneka gorengan yaitu pisang goreng, bala-bala, dan lainnya. Di Kota Bandung sajian bandrek biasa disajikan penjual yang berkeliling pemukiman dengan gerobaknya atau bisa dijumpai di beberapa kedai seperti di Jalan Cilaki.

Bajigur

Gambar terkait

Photo : koko-nata.net

Terbuat dari bahan utama gula aren dan santan, bajigur juga salah satu minuman tradisional khas Jawa Barat. Dberbahan dasar sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili, minuman bajigur menjadi salah satu sajian kuliner hangat. Di Bandung, sajian ini dilengkapi dengan sedikit kolang-kaling atau dalam bahasa Sunda disebut cangkaleng.

Bajigur juga sering dinikmati dengan aneka rebusan yakni kacang rebus, ubi, dan aneka gorengan seperti pisang goreng, bala-bala, dan lainnya. Di Kota Bandung sajian bajigur nikmat ini bisa dijumpai di beberapa kedai seperti di Jalan Cilaki.

Sekoteng Jahe

Gambar terkait

Photo : pontianakpost.co.id

Sekoteng merupakan minuman asli dari Jawa Tengah. Bahan utamanya yakni jahe, sajian sekoteng ini menjadi salah satu menu yang sering dicari ketika cuaca dingin.

Sajian sekoteng biasanya berisi kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti. Di Bandung, banyak penjual sekoteng berkeliling di pemukiman dengan cara mendorong gerobaknya.

Wedang Ronde

Gambar terkait

Photo : merdeka.com

Wedang Ronde merupakan salah satu hidangan yang sering dicari ketika cuaca dingin tiba. Berbahan dasar tepung ketan yang dicampur sedikit air dan dibentuk menjadi bola, direbus, dan disajikan kuah manis. Di Indonesia, sajian Wedang Ronde disajikan dengan kuah jahe. Dan biasanya, ronde memiliki isi kacang yang sangat nikmat untuk menghangatkan tubuh. Di Kota Bandung wedang ronde bisa ditemui di beberapa pujasera seperti di Burangrang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *