Menteri Kelautan Perikanan Susi Pudjiastuti Segera Tenggelamkan 40 Kapal Lagi

Pemerintah akan kembali melakukan penenggelaman terhadap kapal-kapal eks asing yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Indonesia. Langkah ini diambil untuk menindak ilegal fishing di tanah air.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan, telah menginstruksikan satgas 155 untuk melakukan pendataan terhadap kapal-kapal pencuri ikan yang sudah ditangkap.

“Akhir tahun kami sedang lokalisir, ada 40 penenggelaman,” ujar Susi usai peresmian kantor Satgas 155 di kantor KKP, Jakarta Pusat, Selasa (15/12).

Menurutnya, jumlah penenggalaman sebanyak 40 kapal itu bisa saja bertambah jika kapal-kapal milik asing ini telah diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Kalau bisa semua yang masih dalam proses pengadilan bisa inkracht (keputusan hukum tetap) pada akhir tahun ini, jadi ada 100 kapal lebih. Tapi, yang udah pasti 40 sampai 50-an kapal akan kami tenggelamkan,” tegas Susi.

MV Silver Sea 2 menjadi salah satu kapal yang bakal ditenggelamkan. Kapal asing ini kedapatan mencuri ikan di laut Indonesia sebanyak 1.930 metrik ton.

Susi ‎menambahkan, pihaknya belum mendata kapal-kapal mana yang akan ditenggelamkan sebelum akhir tahun 2015. “Tapi, kami akan coba mohon ke pengadilan,” tandas dia.

sumber Jawapos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *