Menjaga Kondisi Tubuh Anak Saat Musim Penghujan

Indonesia memiliki 2 musin yaitu kemarau dan musim penghujan. Pada saat pergantian musim dari kemarau ke penghujan maka suhu dan kelembaban akan berubah dan tubuh kita akan sangat rentan terhadap perubahan iklim. Gangguan kesehatan dari mulai flu, sampai demam berdarah akan menjadi penyakit yg datang pada pergantian musim ini.

Bukan hanya pada orang dewasa anak-anak justru lebih rentan mengalami gangguan kesehatan, maka para ibu harus cepat tanggap dalam mengatasi anak bila terserang penyakit. Ada yang harus ibu perhatikan agar kondisi kesehatan anak baik yaitu :

  • Anak harus mendapat vitamin yang cukup terlebih vitamin C yg berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dan tidak mudah terserang penyakit. Berikan Vitacimin atau buah-buahan yang mengandung berbagai vitamin.
    Jaga asupan makanan, biasakan anak dengan sarapan sehat dan bergizi agar tubuh dapat kuat melakukan aktivitas seharian.
  • Selalu dalam keadaan bersih, jangan sampai saat penghujan kondisi rumah menjadi kotor, justru kebersihan akan menghindarkan ibu dan anak dari berbagai kuman dan bakteri.
  • Gunakan jaket/jas hujan, kepala adalah inti dari tubuh yg harus dijaga. Bila musim penghujan tiba selalu sediakan jaket/jas hujan dalam kantong si kecil.
  • Cukup minum air putih, mungkin pada saat musim hujan kita lebih suka membuat teh atau susu hangat tapi jangan salah air putih justu sangat di butuhkan untuk tetap menjaga cairan tubuh.

Maka dari itu ibu harus selalu mengingatkan anak agar terus mengonsumsi air putih.

Ayo sehat dalam keadaan apapun 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *