Menikmati Wisata Pantai Santolo Garut

SuaraBandung.com – Garut yang terletak di Provinsi Jawa Barat memang selalu menjadi daya tarik bagi para wisatawan dari berbagai daerah.

Keindahan yang di suguhkan dari setiap tempat wisata seperti pemandian air panas dan juga pantainya akan selalu memanjakan mata para pengunjungnya.

Sebut saja Pantai Santolo yang terletak di selatan kota Garut ini. Pantai Santolo terletak di Kecamatan Cikelet Selatan Pusat Kota Garut.  Jarak dari kota Garut menuju Pantai Santolo sekitar 88 KM dan dapat di tempuh sekitar 3,5 jam.

Di perjalanan anda akan di suguhkan dengan pemandangan berkelok dan indahnya pegunungan yang sejuk.

Pemandangan Pegunungan Menuju Pantai Santolo Garut. (Foto: suarabandung.com/SFR)
Pemandangan Pegunungan Menuju Pantai Santolo Garut. (Foto: suarabandung.com/SFR)

Pantai Santolo memiliki pasir putih dan lembut yang  menjulang dari barat ke timur. Tempat ini sebenarnya adalah tempat berlabuhnya kapal nelayan penghasil ikan akan tetepi dengan keindahan pantainya maka di jadikan tempat wisata dengan berbagai fasilitas seperti penginapan yang beragam mulai dari harga 100.000 sampai 200.000 per malam.

Ada juga restoran-restoran kecil yang menjual berbagai makanan mulai dari mie instan, nasi goreng dan tentunya hasil tangkapan laut berupa ikan, cumi, udang dll dengan harga cukup murah seperti halnya cumi asam manis 1 Kg di bandrol dengan harga sekitar 80.000 rupiah.

Berjalan sedikit ke arah para nelayan para wisatawan akan menemukan pasar ikan, walaupun tidak terlalu besar tapi lumayan komplit, ada ikan tongkol berukuran besar, cumi, udang, ikan pari dll.

Bukan hanya itu terdapat banyak kapal nelayan yang bisa mengantarkan para pengunjung menyebrangi pulau yang sering di sebut Pulau Santolo, hanya dengan membayar 2000 rupiah per orang anda bisa sampai ke Pulau Santolo.

Pulau Santolo Garut. (Foto: suarabandung.com/SFR)
Pulau Santolo Garut. (Foto: suarabandung.com/SFR)

Anda akan di suguhkan pasir putih untuk bermain di pesisir pantai dan ada juga beberapa penjual pakaian pantai di bagian dalam di Pulau Santolo. Suasana yang sangat sejuk di sertai deburan angin dan ombak akan membuat anda menikmati setiap detiknya berlibur di Pantai Santolo ini.

Kembali ke pesisir Pantai Santolo ada sebuah permainan yang di sebut Banana Boat. Bagi para pengunjung yang memiliki  jiwa pemberani sebaiknya coba permainan yang satu ini cukup membayar 150.000 sampai 200.000 anda akan di bawa berkeliling ke laut dan di jatuhkan di tengah ombak. Cukup menegangkan tapi akan menjadi pengalaman luar biasa untuk anda.

Permainan Banana Boat di Pantai Santolo Garut. (Foto: suarabandung.com/SFR)
Permainan Banana Boat di Pantai Santolo Garut. (Foto: suarabandung.com/SFR)

Nah untuk anda yang belum memiliki rencana liburan, gak ada salahnya berkunjung ke Pantai Santolo ini selain dapat berlibur dan menikmati indahnya ombak laut anda juga bisa melihat stasiun tempat peluncuran roket milik LAPAN, dan yang gak kalah indah anda dapat melihat jembatan di atas muara Cilateuruen.

Salah seorang pembeli yang sedang membeli oleh-oleh khas jawa barat di jalan Nagreg. (Foto: suarabandung.com/SFR)
Salah seorang pembeli yang sedang membeli oleh-oleh khas jawa barat di jalan Nagreg. (Foto: suarabandung.com/SFR)

Sebagai penutup ketika anda menuju pulang di sekitar jalan Nagreg akan menemukan sederetan pedagang baik di sisi kiri jalan maupun kanan jalan seperti Ubi Cilembu, serta aneka oleh-oleh lainnya khas Jawa Barat dengan harga yang terjangkau. (SFR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *