Mengobati Kanker Dengan Daun Pandan

Apakah ada yang tahu apa khasiat daun pandan selain untuk bahan penyedap makanan ataupun minuman ? mungkin beberapa dari pembaca masih tak tahu bahwa daun panda wangi ini sebenarnya memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita ini bahkan dapat mencegah dan mengobati kanker. Daun pandan wangi ini memang sudah identik dengan minuman dan makanan, daunnya yang berwarna hijau memang dikenal bisa memberi aroma nikmat, harum dan wangi pada secangkir es dawet ataupun gurihnya nasi liwet yang didalamnya diberi potongan daun pandan wangi.

Pandan ini merupakan dari famili pandanaceae yang memang termasuk dalam tumbuhan monokotil. Tumbuhan hijau ini dikenal dengan sebuah nama ilmiah pandanus amaryllifolius. Pandan hijau ini merupakan tumbuhan yang berkembang dengan baik di wilayah Asia Tenggara dan dapat tumbuh tegak sekitar lima meteran dengan daun yang panjang berwarna hijau.

pandan

Selain untuk memberi warna atau harum pada minuman atau makanan, daun pandang hijau ini memiliki banyak kandungan yang dapat berfungsi sebagai obat herbal alami. Beberapa kandungan yang ada pada daun pandan hijau diantaranya alkaloid, minyak esensial, tannin dan glikosida yang sudah dikenal sebagai bahan yang aktif untuk menghilangkan masalah bagi kesehatan tubuh kita. Daun pandan hijau juga dikenal berfungsi sebagai antiseptik yang efektif untuk mengatasi berbagai jenis bakteri yang dapat menyerang tubuh kita.

Dan untuk penyakit kanker biasanya tak dapat diketahui pasti, karena kanker disebabkan oleh gabungan dari sekumpulan faktor, genetic dan lingkungan, berikut ini faktor yang diduga meningkatkan resiko terkena kanker :

  • Faktor genetik

Faktor keturunan menyebabkan pada keluarga memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena kanker tertentu di bandingkan dengan keluarga lainnya. Kanker yang diturunkan dari keluarga adalah kanker kulit, kanker payudara dan kanker usus besar.

  • Faktor dari lingkungan

a. Merokok meningkatkan resiko terjadi kanker mulut, paru-paru, laring atau pita suara dan juga kandung kemih.

b. Terkena sinar ultraviolet dari matahari

  • Faktor pada makanan yang mengandung bahan kimia

Makanan juga bisa menjadi faktor resiko penyebab kanker terutama pada bagian tubuh saluran pencernaan. Seperti makanan yang diasap dan diasamkan dalam bentuk acar, minuman berakohol yang menyebabkan resiko kanker kerongkongan , logam berat yang tercemar pada ikan , zat perwarna makanan

Selain itu masih banyak lagi penyebab kanker seperti virus-virus ataupun infeksi. Dan kembali ke daun pandan, Daun pandan ini memiliki sifat anti-karinogenik yang bermanfaat untuk mencegah perkembangan sel kanker didalam tubuh kita. Penyakit Kanker adalah jenis penyakit yang mematikan. Di negara sendiri angka kematian yang disebabkan oleh penyakit kanker sudah cukup tinggi sehingga penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengurangi resiko kanker. Untuk itu banyak-banyaklah mengkonsumsi daun pandan untuk dapat mengobati atau mencegah kanker ini.

Ketan Lapis Sarikaya. (Foto: masakoke)
Ketan Lapis Sarikaya. (Foto: masakoke)

Khasiat daun pandan bisa diperoleh dengan cara merebusnya dengan santan atau juga bisa air mineral murni. Selain menggunakan rebusan daun pandan, anda bisa juga melakukan variasi olahan dengan bahan daun pandan agar anda tidak mudah bosan. Anda bisa menaruh pandan pada kue atau pudding yang anda buat kemudian kreasikan sesuai selera yang anda mau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *